MONTESSORI AT HOME: DIY Membuat Animals Lacing Card


Buibuk disini udah pernah denger belum tentang kegiatan lacing atau bahasa kita sebutnya menjahit?! Nah kalau belum, you should know ya bahwa Lacing is an excellent activity for developing fine motor skills, improving hand-eye coordination and concentration, dan yang paling penting bisa bikin si kecil happy dan antusias. Jadi buat kegiatan yang penuh sama manfaat kayak gini sih maeboo paling ikutan semangat. Apalagi si nak kicik yang memang lagi antusias keluar-masukin benang ke dalam lubang. Kayaknya semua anak kecil pasti suka sih ya… at least anak saya sendiri eheheheh

Kegiatan Lacing ini sendiri bisa jadi langkah awal untuk ngajarin si kecil untuk mengikat tali sepatunya sendiri kelak. Jari-jari atau motorik halusnya dapat dilatih untuk terbiasa memasukan tali/benang kedalam lubangnya dengan benar. Berbeda dengan meronce, Lacing biasanya menggunakan media kartu atau biasa disebut Lacing Card. Bentuknya jelas berupa selembar kartu yang memiliki beberapa lubang, tempat si kecil memasukan tali. Buat kita yang dewasa sih gampil banget ye mak, tapi percayalah ini kegiatan yang cukup menantang untuk si kecil

Seperti yang kita tau juga ya mom, bahwa kemampuan motorik mengacu pada koordinasi mata, tangan dan perkembagan otot-otot halus di tangan. Nah kalau ototnya bisa berkembang dengan baik, tentu anak akhirnya akan mampu untuk memegang beragam benda misalnya seperti pensil atau gunting. Teruntuk kegiatan Lacing Card ini, anak-anak akan diasah kemampuannya untuk menemukan lubang-lubang pada kartu, memasukkan benang serta membolak/i kartu untuk menarik benang yang sudah masuk.

Animal Lacing Card made with love

Animal Lacing Card made with love

Well, kabar baiiqqnya… ternyata lacing card ini gampil banget untuk dibuat sendiri di rumah. Ada banyak trick dan cara, tapi daku yang sukanya simple-simple pake cara yang paling gampang. Why not ya kaaaan??!! Xixixi Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Animals Lacing Card:

1. Gunting
2. Cardboard/kardus kokoh tidak terpakai
3. 1 lembar sticker paper/kertas sticker
4. Pembolong kertas/paper hole puncher
5. Tali kurt/tali sepatu
6. Animals karakter yang siap diprint (bisa didownload di akhir artikel)

Caranya:
Print gambar hewan (atau karakter lain) diatas kertas sticker, lalu gunting sticker kemudian tempelkan pada kardus yang juga digunting sedemikia rupa. Selanjutnya buibuk tinggal melubangi tepiannya menggunakan pembolong kertas. Selesai!!

Alternatif lainnya kalau gak ada sticker paper, buibuk bisa pakai kertas HVS yang dilem ke permukaan kardus dengan glue yaa!! Selanjutnya Lacing Card bisa dimainkan si kecil. Saya pribadi menggunakan tali kurt berwarna putih, karna supaya anaknya gampang fokus jadi gak menggunakan warna/tekstur yang mencolok. Diujung benang saya beri tape supaya bisa lebih tajam/kokoh (aka. gak letoy hehe).

(Baca Juga: DIY Membuat Playdough Serta Beragam Cara Memainkannya)

 

Lacing card bisa dibuat dengan bahan bahan sederhana

Lacing card bisa dibuat dengan bahan bahan sederhana

hanya perlu bahan bahan yang sangat sederhana

hanya perlu bahan bahan yang sangat sederhana

Lacing card terbukti dapat menstimulasi

Lacing card terbukti dapat menstimulasi

Buibuk bisa dengan bebas mengkreasikan gambar serta bentuk dari lacing card ini, karna yang paling tau yang disukain anak kan pasti mamaknya sendiri. Atau bisa juga menyesuaikan dengan materi belajar yang ingin dikenalkan seperti numbers, kartu bisa dibentuk berupa angka. Sekian tutorial yang gak sempurna ini ya moms.. see you on next DIYeay!!

Download png file Animals Lacing Card pattern here!

 

+ There are no comments

Add yours