MONTESSORI AT HOME; DIY Membuat Playdough Serta Beragam Cara Memainkannya


Entah udah berapa kali saya ngebeliin Caraka Playdough, tapi belum ada 3 hari si doughnya ini udah pada kering dan gak bisa dipake lagi. Selain cepat kering baunya juga gak enak banget dicium kan buibuk?!

Padahal saya suka gemes kalo liat anak-anak yang anteng mainin dough di feed instagram, tapi selalu urung beli lagi karna alasan-alasan tersebut. Lalu karna ide-ide bermain dengan playdough ini sudah menumpuk di kepala saya, akhirnya berani coba untuk bikin sendiri. Berikut resepnya ya mooommm:

Caraka langsung anteng niiih

Bahan yang disiapkan:

  • 1 Gelas penuh tepung terigu
  • 3 sendok makan garam
  • 3 sendok minyak sayur
  • 1-2 tetes pewarna makanan
  • air secukupnya

Cara membuatnya :

  • Campurkan terigu dan garam lalu aduk sampai merata, diwadah lainnya campurkan air sedikit, minyak dan pewarna makanan. setelah warna sudah merata tuang tepung lalu aduk sampai merata. tambahkan air jika dirasa kurang. Aduk dan remas (adonin) dengan tangan sampai kalis dan warnanya merata (ini agak lama ya moms, jadi sabar xixixi). Selesai dan bisa dimainkaaannnn…. Yeay!

 

 

(Baca Juga: Montessori at Home: Bagaimana Cara Memulainya)

MONTESSORI AT HOME; DIY Membuat Playdough Serta Beragam Cara Memainkannya
Remas-remas dengan tangan sampai kalis kaya gini ya moms

Sebenernya ini first trial banget loh, tapi alhamdulillah setelah liat beberapa tutorialnya di youtube akhirnya saksseeesss!! Jadi pengen buat dengan beragam warna, pasti gemeeess! Yang saya suka, adonannya ini gak bau seperti fundough/lilin/malam yang biasa dijual itu loh. Ditambah aman untuk si kecil karena pakai bahan yang ramah lingkungan, jadi bunda bisa tenang yes.

MONTESSORI AT HOME; DIY Membuat Playdough Serta Beragam Cara Memainkannya

MONTESSORI AT HOME; DIY Membuat Playdough Serta Beragam Cara Memainkannya

klik disini untuk Freeprintable playdough matt.

Sedangkan cara memainkannya bisa dilihat di foto ya, bisa dicetak dengan cetakan khusus atau pakai puzzle, dibuat landak dengan tusuk gigi, di potong-potong atau dibentuk beragam bentuk juga bisa. So fun!! Raka langsung anteng seharian loh. Alhamdulillah! Dan patut diingat ya mom, dari alasan-alasan lainnya diatas. Alasan yang paling kuat kenapas saya bikin sendiri playdough untuk Caraka adalah karena  MURAH xaxaxaxa. Selamat mencoba mama…..

Ps : follow akun instagram saya di https://www.instagram.com/putrinyanormal/

0 Comments

Add yours
  1. 1
    Wuffyland

    Kalo play doughnya bikin sendiri itu awet ngga yah mbak? Kemarin sempat coba resep yg pakai cuka aduhai baunya meski udah dicampur vanili segala biar ga kecut haha.

    Terus katanya playdough kalo mengering (yg beli di toko) bisa dikasih air / baby oil mbak hehe.

+ Leave a Comment