Tips Menjadi Hijab Traveler Yang Tetap Stylish


Belum genap satu tahun lamanya saya memutuskan untuk berhijab, dan ternyata nggak selamanya saya bisa mengabaikan selera fashion yang saya punya terlebih ketika sedang traveling. Bukan karena saya ini korban mode ya, tapi toh setiap orang pasti memiliki naluri untuk tampil dengan karakter dan seleranya masing-masing, bukan?! Well, meskipun baju-baju dan atribut yang dipakai tidaklah terlalu fashionable. Paling nggak saya bisa tetap percaya diri dan nyaman ketika sedang melakukan perjalanan. Menjadi stylish menurut saya si relatif, tapi saya mau sedikit berbagi mengenai beberapa tips yang mungkin saja berguna untuk teman-teman hijaber :

1. Sesuaikan Tempat Tujuan

Travelmate yang selalu modis
Hindari untuk berpakaian tebal kekita berkunjung ke destinasi seperti pantai atau berkeliling pulau. Karena sepengalaman saya yang hobby beachooping, sweater atau jacket tidak akan saya gunakan sama sekali. Cukup mengenakan kaos lengan panjang atau mungkin kaos biasa yang dipadukan dengan kemeja kotak-kotak. Sama halnya dengan baju, hijab atau kerudung yang dipilihpun baiknya yang berbahan tipis sepeti misalnya Chiffon.

Bertolak belakang dengan cuaca yang panas, untuk di cuaca dingin atau tujuan seperti dataran tinggi atau bahkan mungkin Eropa, kita bisa mengenakan jacket yang dapat dipadu dengan shawl ataupun scarves. Kalau mau lebih fashionable mungkin bisa memilih coat ukuran pendek atau sedang yang berwarna polos, jadi tidak akan terlalu mencuri perhatian. 


2. Selalu Utamakan Kenyamanan

Kenyamanan adalah emas bagi saya
Traveling akan sangat menyita waktu dan terus berada dijalan, jadi pastikan semua yang kita gunakan memang atribut yang benar-benar paling nyaman. Mulai dari atasan, bawahan, hijab, backpack, hingga sepatu. Nggak lucu dong, kalau tiba-tiba dijalan ngerasa sesak karena yang dipake traveling malah celana jeans yang super ketat, itu sih ‘saltum’ total namanya. 

Karena banyak jalan, celana menjadi kebutuhan yang paling penting buat para pejalan (bukan hanya hijab traveler ya). Pilihlah celana yang berbahan nyaman, untuk cuaca dingin, bahannya harus yang lumayan cukup tebal. Sedangkan di cuaca panas, sweatpants model hareem juga sudah cukup untuk menutupi tubuh. 

Saya sendiri cenderung lebih memilih Koleksi Jogger Pants yang memang menjual berbagai jenis pants yang menjadi kebutuhan traveler. Bingung mau cari dimana?! Well, pernah dong belanja online?! Sayapun sama seperti wanita pada umumnya yang ingin serba simple. Jadi senang banget ketika tau  Zalora Indonesia menjual berbagai Jenis Jogger Pants. Nyaman, syari dan stylish jadi nggak akan terlalu merepotkan, karena mulai dari Gymwear sampai Zipper Pantspun ada. But, Jangan coba-coba untuk memakai rok dan sepatu berhak tinggi, yang ada malah bakal merepotkan dirisendiri dan orang lain.


3. Tidak Tampil berlebihan

Tampil nggak berlebihan, tapi gaya foto boleh maksimal 😀
Sekedar memakai aksesoris kalung atau mungkin gelang tangan saya sih masih sering, asal bukanlah perhiasan yang berlebihan yang malah nantinya nyangkut-nyangkut di dahan pohon. Sah-sah saja bila ingin tampil maksimal di tempat yang indah, namun ada hal lain yang harus dipertimbangkan ketika traveling. Ada banyak kejahatan yang mengintai dijalan, terlebih dengan penampilan yang berlebihan yang justru malah terkesan mengundang kejahatan tersebut. Toh nggak selamanya tampil stylish harus ‘lebay’ kan?! Just be your self, maka orang lainpun akan nyaman melihatmu. (hijaber bijak :p)


4. Gunakan Tutorial Hijab Yang Simple

Karena efisiensi waktu juga penting
Fahmi yang akan paling bawel kalau-kalau saya kelamaan sedikiiit aja memakai jilbab, jadi sebisa mungkin saya menggunakan gaya tutorial simple yang memang tidak memakan waktu terlalu banyak. Kebanyakan jenis jilbab yang saya punya adalah yang berbahan kulit jagung, yang teksturnya tidak panas dan tidak mudah lecek/berkerut. Jadi nggak perlu pusing-pusing untuk menemukan jilbab yang lecek dari dalam backpack.


5. Kreatif Dalam Memadu-padankan

Be creative! Silahkan beresperimen dengan gaya 
Menurut pendapat saya pribadi, muslimah traveler yang berhijab juga berhak untuk terlihat modis tanpa harus memakai hijab dan pakaian yang ribet. misalnya memadukan kaos lengan panjang sebagai dalaman dan kaos lengan pendek sebagai luaran. Pilih dengan warna yang berlainan namun masih bisa terpadu dengan manis. Atau mungkin bisa dengan kemeja jeans yang disesuaikan dengan warna kaos yang kita pakai. 

Untuk celananya, kita bisa mengenakan yang bermodel jeans, kargo, chino, atau harem sweatpants. Karena bahan ini akan terasa nyaman saat cuaca terik menyerang. Begitu juga dengan hijab yang digunakan. Pilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik, ditambah dengan topi jika ingin terlihat lebih tomboy. Terakhir, jangan lupa sepatu kets atau sniker ternyaman dan juga tas backpack andalan.


6. Berusaha Untuk Tetap Syari

Jangan mengunakan pakaian terlalu ketat, apalagi ketika berenang di pantai
Dari semua hal diatas hal inilah yang paling penting, sebagai muslimah yang suka traveling dan ingin tetap tampil pede dan nyaman, tetap tidak boleh mengabaikan ketaatan dalam mengenakan busana yang sopan. Hindari untuk menggunakan pakaian yang terlalu ketat, tipis dan menerawang, apalagi ketika ada kegiatan berenang-renang dipantai. Gunakan hijab sekencang mungkin untuk menghindari copotnya peniti atau jarum ketika dijalan. Selalu sediakan kaus kaki lebih untuk cadangan karena suatu saat pasti akan sangat dibutuhkan. 

Incoming search terms:

  • cocok tidak berhijab ke gunung bromo pakai asesoris kalung

27 Comments

Add yours
  1. 3
    noerazhka

    Syuka foto-fotonya, Put ! 😀

    Sepakat, berhijab ga berarti ga bisa modis atau terbatas ruang geraknya pas traveling. Kapan-kapan bikin tutorial hijab simpelnya sekalian donggg ..

  2. 4
    fanny fristhika nila

    malu nih bacanya ;p Aku pake jilbab msih angin2an mba -__-. Kadang pake, kdang lepas… Trutama traveling, paling srg lepas deh… alasan utama ya itu, panas :D… Tapi ttp berusaha mw make jilbab yg bnr dan ga lepas buka mulu deh 🙂

  3. 7
    Putri Normalita

    Memang pasti ada tahap sih, aku juga gak bisa langsung pakai kerudung panjang.

    Pas jalan bisa disiasati pake kerudung kulit jagung, adem banget jadi gak kepanasan kak, keep fight buat jadi hijaber stylish. hihii

  4. 15
    Emakmbolang

    Aku tetep suka pakai kerudung segi empat paris yang adem dan warnanya polos. Jadi lebih gampang dipadu padankan. paling kalau kepantai, satu sisi kulingkarkan dileher, biar nggak tertiup angin dari belakang trus kebuka dari belakang.

  5. 25
    Dwi Lestari

    hiii mba putri, suka deh sama tulisan yang ada di bio 😀
    Percaya bahwa traveling bukan hanya cara untuk bersenang-senang, mengumpulkan foto dan rekor.
    Namun untuk menemukan pengalaman dan inspirasi baru, merevitalisasikan kembali hidup yang kadang berisi kejenuhan dan kekosongan.

    Jadi pengen cepet-cepet travelling nih 😀

+ Leave a Comment