Pengalaman Naik Kereta Wisata Bersama Traveling By Train 2015


Kehebohan peserta #Travelingbytrain di dalam kereta wisata
Sebagai fans beratnya PT KAI (Kereta Api Indonesia) sejak kepala ini masih menjadi korban sundulan-sundulan bakul pedagang di dalam gerbong kereta dimasa lalu. Saya merasa sangat beruntung ketika mendapati undangan khusus untuk dapat ikut serta memeriahkan perayaan HUT PT KAI yang ke 70, yang jatuh pada tanggal 28 September ini.
Nah, kali ini PT KAI serta Altour Travel mengajak beberapa komunitas serta travel blogger untuk mengikuti serangkaian acara yang diberi tagline #Travelingbytrain menuju kota Semarang dengan menggunakan Kereta Wisata yang memiliki berbagai fasilitas mewah ini. Aaaaaaaaak, serasa jadi keluarganya Anang-Asyasnti dan princess Syahrini 😛
Dan ternyata acara #Travelingbytrain kali ini merupakan acara ke 6 yang rutin dilakukan tiap tahunnya. Jadi untuk temen-temen komunitas dan blogger masih punya banget kesempatan untuk bisa mencobanya juga, acaranya dijamin seru dan meriah! Meeting point ditentukan di kota Bandung, Mbak Trinity serta team program Suka-suka Kompas Tv juga ikut serta loh. *Cieeee mahmud masuk tipi*
Iniloh gerbong kereta wisata tipe Priority, cucok yah?!

Welcome on board :’)
PT KAI melalui anak usahanya PT KA Pariwisata saat ini telah mengoperasikan 7 tipe kereta wisata yakni, Nusantara, Toraja, Bali, Jawa, Sumatera, Imperial dan yang terakhir tipe Priority. Setiap tipe kereta wisata memiliki nuansa dan jumlah seat yang berbeda-beda. Berbeda dengan keluarga Pak Presiden dan Anang yang gemar menggunakan tipe Nusantara.
Kami team #Travelingbytrain diberi kesempatan untuk menikmati fasilitas dari kereta wisata tipe Priority untuk menuju kota Semarang. Kereta Wisata Priority ini memiliki kapasitas 28 Tempat duduk yang dilengkapi dengan Audio Video On Demand, Karaoke, Bagasi serta Mini bar yang sangat asik untuk ngopi-ngopi cantik. 
Bagai memasuki cabin pesawat, ketika memasuki kereta wisata ini membuat saya semakin menyadari bahwa dunia perkeretaapian Indonesia memang sudah benar-benar berevolusi. Banyak perubahan yang dimiliki dan bahkan terhitung pesat semenjak kepemimpinan Pak Ignatius Jonan tahun 2012 lalu. Saya masih ingat betul masa-masa dimana punya tiket saja belum tentu bisa masuk kereta, boro-boro deh bisa duduk nyaman, yang ada berdiri asal sender dengan mencium berbagai aroma keringat dan barang dagangan.
Berbagai fasilitas yang rasanya seperti di pesawat
Ini Kak Ocit ceritanya lagi cari lirik lagu buat nyanyi-nyanyi ;P
Princess Bulan yang paling bersinar lagi menikmati pelayanan
Lapar dan haus?! Tinggal ke Mini bar nya aja loh!
Toilet yang begitu nyaman
Penasaran dengan fasilitas di tiap-tiap tipe kereta wisata yang ada?! Berikut perbedaan serta fasilitas yang melengkapinya, yang mungkin aja bisa menjadi pilihan kalian berlibur bersama keluarga besar:


1. Tipe Nusantara

Kereta wisata tipe Nusantara yang memiliki 19 seat serta kamar tidur, yang juga merupakan kereta paling mewah yang biasa digunakan oleh Presiden dan juga para public figure seperti Anang & Ashanty. Memiliki desain interior dan segala pernak – pernik yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Terdapat pula balkon VIP dan lobi yang dilengkapi Audio/karaoke system, Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (Toilet).
2. Tipe Toraja
Memiliki kapasitas 22 seat, Kereta Wisata Toraja yang memiliki interior kental dengan nuansa budaya Toraja ini didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas yang terdapat diantaranya Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC).
3. Tipe Bali
Tipe yang memiliki interior yang kental dengan nuansa budaya Bali ini memiliki 20 seat. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata dan juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC).
4. Tipe Jawa
Memiliki desain interior dan segala pernak – pernik yang menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa, sama halnya dengan tipe Bali kereta ini juga memiliki kapasitas tempat duduk untuk 20 orang. Terdapat pula kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel. Ruang utama ditata dengan mewah dilengkapi dengan Audio, Video/TV monitor, AC juga toilet yang bersih.
5. Tipe Sumatera
Kereta Sumatera memiliki 22 seat, kereta ini memiliki corak yang sama dengan kereta wisata Jawa. Namun perbedaannya, kereta wisata Sumatera ini tidak dilengkapi dengan kamar tidur, melainkan terdapat ruang privat yang dilengkapi fasilitas Audio-video untuk berkaraoke dan menonton film.
6. Tipe Imperial
Ini adalah tipe terbaru yang memiliki interior tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi dengan power socket di sebelah kursi menggunakan laptop atau gadget lainnya serta tersedia lampu baca pada atap kursi.
7. Tipe Priority 
Tipe yang memiliki 28 seat ini merupakan tipe yang kami gunakan menuju kota Semarang, kereta wisata yang satu ini dapat kalian lihat langsung penampakan serta fasilitasnya.
Menjelajah sambil belajar di Museum Kereta Api di Ambarawa
Bermain games seru di Lawang Sewu yang diisi banyak cerita dan sejarah perkeretaapian Indonesia
Klenteng Sam Poo Khong yang menjadi penutup perjalanan
Kota Semarang menjadi tujuan team #Travelingbytrain karena dari kota ini kami dapat mengunjungi Lawang Sewu serta Museum Kereta Api di Ambarawa, dimana terdapat banyak sejarah yang dapat kami ketahui. Kami juga sempat menikmati sensasi menaiki Loko Uap dari stasiun Ambarawa menuju stasiun Tuntang selama 60 menit. Kegiatan semakin seru karena terdapat games yang digelar disetiap destinasi, dan gara-gara games ini juga saya jadi nambah teman.
Salut untuk para panitia #Travelingbytrain yang menggelar acara seheboh ini. Penasaran dengan harganya?! Untuk tipe Priority dengan rute Bandung – Semarang yang kami gunakan sendiri dibandrol dengan harga 25juta. Lumayan mahal memang, tapi jangan salah karena peminatnya juga cukup banyak (seperti company dan wisatawan asing). Bagi kalian yang memang berminat, sebaiknya memesan jauh-jauh hari disini
Jangan lupa untuk menyaksikan liputan #travelingbytrain di program Suka-suka Kompas Tv yang bakal diputar Sabtu, 26 September jam 8 pagi mendatang. Tunggu terus cerita pengalaman kami keliling kota Semarang ya! ;’)
Pengalaman peserta #Travelingbytrain yang lain :

Fahmi Anhar –  Jelajah Museum Kereta Api Ambarawa Bersama Traveling By Train 2015
Lenny Lim – Kereta Wisata Indonesia
Rembulan Indira – Nostalgia Kereta Uap Ambarawa
Atrasina Adlina – #travelingbytrain Menapak Sejarah Kereta Api Indonesia
Citra Rahman – Traveling By Train; Jalan-jalan Seru di Semarang
Alberth Ghana – Traveling By Train: Berwisata Dengan Kereta Wisata Priority
Taufan Gio – #Travelingbytrain Bandung – Semarang with Priority
Arif Abdurahman – Nikmatnya Malam di Kereta Api Wisata Priority
Ghera Nugraha – Bandung ke Semarang Tawang dengan Kereta Wisata Priority
Ps: All Photos taken with Olympus E-PM2

25 Comments

Add yours
  1. 2
    Fahmi Anhar

    wih! ada penampakanku dari belakang hahaha. mayan lah ikut eksis dikit. semoga diajak traveling by train 2016 ya… kali aja rute nya trans siberia gitu… #yakalee #ngarep

  2. 23
    ghera nugraha

    keren sekali tulisanya…maaf delay bacanya, serta komennya hahah 🙂

    foto yang lawang sewu bagus sekali saya nyesel ga foto seperti itu hahah///

+ Leave a Comment