MONTESSORI AT HOME: Ide Belajar Menggunakan Dot Sticker


Salah satu media belajar yang harus selalu ada dalam crafty box kami di rumah adalah dot sticker. Mulai dari yang besar, kecil, colorful sampai yang putih polos juga ada. Karna apa? Ya jelas karna dot sticker ini bisa diaplikasikan dalam beragam cara, dan bisa jadi media belajar paling mudah dibuat namun paling seru. Selain harganya yang gak mahal, manfaatnya buat si anak kicik juga banyak banget loh buibuk. Si kecil bisa melatih motorik halusnya ketika mencopot dan menempel stiker, melatih fokus dan konsentrasi, bisa belajar warna juga koordinasi mata dan tangan.

Berikut ide belajar menggunakan dot sticker yang ibu-ibu bisa buat di rumah:

1. Dot Sticker Line

Dot Sticker Line

Dot Sticker Line

Buibuk hanya tinggal menarik garis menggunakan spidol warna, jangan lupa tarik garis dengan beberapa warna. Kegiatan belajar yang cuma butuh waktu persiapan (preparation) 2 menit ini, cocok banget untuk si kecil yang sedang belajar warna. Meskipun sederhana, ide belajar yang satu ini punya banyak sekali manfaat dalam mengembangkan kreativitas anak.

2. Dot Sticker Counting Ice Cream

Dot sticker counting ice cream

Dot sticker counting ice cream

Ide ini muncul karna Raka sudah cukup sering belajar dengan tema ice cream, biasanya ya cuma menumpuk beberapa warna ice creamnya. Lalu kepikiran kalau ice cream kan bisa pakai toping choco cip ya?! Mirip banget nih sama dot sticker kecil yang warna-warni. Ice creamnya bisa pakai kertas origami ya buibuk, baru kemudian diberi angka.. agar si kecil bisa meletakkan choco cip/dot sticker sesuai dengan jumlah angka yang tertulis. Cocok bangetlah ya.. untuk si kecik yang lagi belajar berhitung :))

3. Sticker Name

Menempel sticker nama dengan dot sticker

Menempel sticker nama dengan dot sticker

Si kecil yang perlu mengetahui bentuk, bunyi serta jumlah huruf dari namanya sendiri bisa dikenalkan dengan aktivitas ini ya buk. Meskipun saat melakukan kegiatan ini Raka belum hafal dengan alfabet, Raka tetap bisa menempelkan hurufnya dengan benar karna ia bisa melihatnya dari bentuk. Untuk template/printable sticker name ini bisa didownload disini. Selamat mencoba!

4. Matching Direction/arrow

Matching direction kesukaan raka selalu

Matching direction kesukaan raka selalu

Beda dengan kegiatan lainnya, mencocokan arah ini sudah kita tempel duluan stickernya ya.. Jadi kegiatannya bukanlah tempel-menempel melainkan mencocokan arah yang templatenya sudah buibuk siapkan sendiri. Dot stickernya saya tempel di tutup botol bekas, buibuk bisa kreasikan dengan material lainnya seperti batu atau lego.

5. Alphabet Parking Car

Mencocokkan sticker alfabet di parking car

Mencocokkan sticker alfabet di parkiran mobil

Ini jadi salah satu kegiatan yang gak pernah bosen dikerjain aka. mainin Raka, karna basically bermain hotwheels adalah kegiatannya setiap hari. Jadi saya cukup improve beri anaknya tempat memarkirkan mobil yang dibuat diatas kertas karton sesuai dengan yang difoto.  Setiap tempat parkir saya tempelin dot sticker yang juga saya tulis 26 huruf alfabet. Begitu pula dengan mobil-mobil milik Raka, supaya raka bisa mencocokan huruf-huruf tersebut.

6. Stick Ice Cream Matching Color

Matching Color menggunakan stick ice cream

Matching Color menggunakan stick ice cream

Seperti yang bisa buibuk lihat, media belajar yang satu ini cara buatnya gampang banget, cukup bermodalkan kertas, spidol warna, stick ice cream dan tentu dot sticker warna-warni. Buibuk bisa menempelkan sticker dengan jumlah yang bervariasi sesuai dengan kemampuan si kecil. Selain bisa belajar warna, ide belajar ini juga ampuh loh untuk mengasah konsentrasi dan fokus si kecil.

(Baca Juga: Ide Kegiatan Menarik Untuk Mengenal Alfabet)

Sekian dulu ide belajar menggunakan dot sticker yang mamaibu share ya, kedepannya jika ada ide lain akan saya update selalu. Punya ide lainnya?! Komen di bawah ya buuuk! Selamat mencoba di rumah bersama si kecil :))

+ There are no comments

Add yours