MONTESSORI AT HOME: Free Printable Replika Block/Lego Duplo


Anak kecil mana sih yang gak suka main Lego/block?! Apalagi sekarang udah banyak banget yes, tipe sama jenis lego yang tematik gemes gitu. Udah jadi salah satu maianan wajib punya sih ya, karna bagus banget untuk melatih konsentrasi dan kreatifitas anak. Kebetulan yang Raka punya ini yang tipe Duplo, beda ya sama Lego yang classic. Dan merknya juga bukan Lego sih, tapi merk SMONEO yang bisa fit dengan productnya si Lego Duplo (pssst harga lebih bersahabat) xixixi.

Nah sebenernya bikin replika atau pattern blocks kayak gini tuh udah jadi agenda yang terus mundur, karna memang effort banget harus merangkai, motret, edit, print dan laminating. Berhubung minggu ini sedang se-low jadi Alhamdulillah nih akhirnya bisa dieksekusi juga, yippie!! Link download ada di akhir artikel ya…

Waktu pertama kali beli lego duplo ini, saya kaget dong karna gak sampe 1 minggu anaknya udah bisa build something tanpa perlu lagi liat buku panduan. Secepat itu ia udah bisa berinprovisasi membuat helicopter sendiri, tanpa bantuan. Udah sering banget kan saya bilang, kalo Raka ini tipe anak yang (masih) males banget untuk pegang alat tulis. Apalagi kegiatan mewarnai pake pensil warna, gak mau blasss padahal usianya udah 3,5 tahun. Tapi lain cerita kalau diajak build something, ia bisa sangat enjoy sama aktivitas yang ini salah satunya bermain lego/bloks.

Raka auto keasyikan xixixi

Raka auto keasyikan xixixi

Biarkan mereka bermain tanpa intrupsi

Biarkan mereka bermain tanpa intrupsi

Jadi tuh ya.. pensil tulis, pensil warna, krayon dan spidol warna semuanya amat sangat awet dirumah karna jarang mau ia gunakan atau lebih tepatnya tidak tertarik ia gunakan. Jadi buibuk, santai aja ya kalo anak klean mewarnainya masih berantakan dan keluar garis.. Anak saya aja belom mau mulai buk wkwkwkwk

Setelah akhirnya siap bisa dimainkan. Alhamdulillah wa syukurilah.. Raka terlihat sangat enjoy dan serius merangkai replika lego yang ada di foto. Gak perlu waktu lama raka udah bisa membedakan warna dan bentuk dengan sigap. Kesulitan sedikit terlihat ketika anaknya mengambil bagian block bermata yang punya beberapa warna berbeda di bola matanya, tapi no worries karna ia bisa segera menyadarinya.

Membebaskan tanpa intrupsi bisa melatihnya untuk percaya diri

Membebaskan tanpa intrupsi bisa melatihnya untuk percaya diri

DOWNLOAD PRINTABLE DISINI

Cara atau metode matching pattern atau replika seperti ini bisa diterapin diberbagai mainan ya buibuk, seperti misalnya menata menu makanan diatas piring, toping ice cream, menata buah, memasukkan toping ramen dan masih banyak lagi. Caranya ya tetap sama, dengan memoto replika yg kita buat terlebih dahulu, barulah di print untuk ditiru si kecil nantinya. Dan jangan lupa untuk membebaskan si kecil membangun sendiri, jangan diintrupsi ya buk… Selamat mencoba!!

1 comment

Add yours
  1. 1
    Bara Anggara

    anakku masih 7 bulan,, boleh juga nih buat referensi nanti kalau udh balita..

    anak mbaknya lebih interest ke build something keknya ya daripada tulis menulis gambar menggambar..

    -Traveler Paruh Waktu

+ Leave a Comment