MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas


Semenjak jadi emak emak beranak one, saya punya kebiasaan baru yaitu mengumpulkan barang bekas. Sungguh sangat berfaedah bukan?! Hahhaa untuk apa lagi kalau bukan untuk bahan baku membuat mainan atau sarana belajar untuk Caraka. Because yap, I crazy enough with anything about DIY things.

Meskipun belum maksimal banget nih usaha untuk hidup ber-zero waste, tapi paling enggak saya tetap menjaga keinginan tersebut.Salah satu benda yang gak pernah saya buang dan saya simpan adalah kardus bekas. Pokoknya gatel aja gitu tiap liat ada kardus yang berserakan tanpa arti. Kan sayang ya.. kalau masih bisa diolah atau dimodifikasi kenapa harus dibuang?!

Dan percayalah, kardus bekas bisa menjadi media belajar bagi anak. Karna ada banyaaaak sekali kegiatan Montessori yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan selembar kardus bekas. Nah berikut karya-karya cailah, sebut saja hasil olahan tholeque dan mamaibu:

 

 

1. Monsters Cardboard

MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas
emesh banget kan ya?!

Adakah kalian yang menyadari bahwa kedua mata para monster ini saya buat dari bungkus obat dan biji kacang hijau? Hihihi iya jadi kalau punya bungkus obat yang gak terpakai, mama bisa manfaatin untuk bikin mata-mataan kaya gini ya… untuk bola matanya bebas mau pakai beragam biji atau kacang-kacangan. Nah kalau monsternya jelas dibuat pake kardus bekas, tinggal digunting dengan bentuk sesuka hati lalu diwarnai dengan spidol. Tambah mulut dan gigi dari guntingan kertas biar makin gemes. Selesai

2. Bapak dan Ibu Landak

MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas
Siapa yang suka sama Landak??

Bahannya hanya perlu kardus bekas, lem, google eyes, spidol hitam dan cat air. Pasti si kecil suka deh diajak mewarnai duri-duri landak yang dibuat dari serpihan kardus ini.

3. Puzzle Cardboard

MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas
Raka suka banget puzzle loh!

Tersimple dibandingkan mainan buatan lainnya, ini saya buatnya pake map coklat yang udah gak terpakai ya. Bebaslah pokoknya mau pakai alas apapun kayanya bisa ya?! Tinggal digambar/cetak sesuai alat atau bahan mainan yang dijadikan puzzle.

4. Zero Waste Robot

MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas
lucu juga yes?!

Siapa bilang serpihan atau patahan mainan-mainan itu gak berguna? Liat nih.. ternyata gemes bangetkan kalo dibikin robot? Makanya jangan buang serpihan mainan si kecil yang rusak ya moms!!

5. Matching Train Puzzle

MONTESSORI AT HOME: DIY Zero Waste Play Ideas
Cocokin keretanya yuk!

Dibuat dari 2 lembar kardus bekas yang dibentuk sedemikian rupa, lubangi salah satu lembarnya lalu disatukan. Tempel stiker pada lubang dan bekas tutup botol susu, jadi deh! Gampang kaaannn?!

***

Jadi jangan heran ya kenapa saya jadi punya hobi ngumpulin barang bekas?! Karna udah jelas kalo ternyata mereka bisa disulap menjadi mainan yang menggemaskan. Udah murah, ramah lingkungan, bisa bikin anak happy pula. So gak ada alasan untuk saya gak candu dengan hobby baru ini. Nantikan ide-ide lainnya ya gengs. Next kita buat apa ya Kaaaa????

0 Comments

Add yours
  1. 1
    Wuffyland

    Salam kenal mbak, saya salah satu followers ignya mbak juga hehehe. Seneng banget lihat ibu ibu kreatif gini ini <3 <3 berasa ga sabar bikin bikin juga sama anak saya, tapi anaknya masih satu tahun hehe.

+ Leave a Comment