Datang ke Kebun Binatang Legendaris KBS


Dalam rangka kawal si bojo yang mau urus visa Jepang di Surabaya, akhirnya saya dan Raka gak bisa nolak karna diiming-imingi untuk mampir ke KBS (Kebun Binatang Surabaya). Kebetulan nih karna udah lama banget kami gak main ke Zoo. Udaaah gak usah nanya yang berangkat ke Jepang siapa, ambyar hatique jawabnya wkwkwk. Jaman saya masih belia ((BELIA)).. sering banget denger kalau KBS ini merupakan salah satu kebun binatang (yang pernah) terlengkap se-Asia Tenggara. Ternyata saat itu di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa, dan terdiri lebih dari 2.806 binatang. Tapi itu dulu ya gengs, karna percaya nggak kalau KBS ini udah berdiri dari tahun 1916?! Saya aja baru tau nih intip di Wikipedia xixixixi

Karna pengurusan visa cuma sebentar, jadi jam 10 siang kami udah tiba di KBS. Padahal datang hari kamis loh, tapi pengunjung yang datang lumayan rame. Ada beberapa rombongan anak TK, rombongan keluarga sampe nak-anak SMP yang asik ngedance Boy With Lovenya BTS juga ada. KBS mirip-miriplah sama Ragunan, malahan lebih asik karna tempatnya di pusat kota dan jauh lebih rapih dan rindang. Serius deh.. gak akan rugi masuk cuma dengan HTM 15.000. Surabaya yang siang-siang panasnya bak di gurun pasir, bisa jadi sejuk di dalam Kebun Binatang Surabaya.

Hewan yang pertama kali Raka samperin adalah Jerapah, hewan kesayangan yang teether, buku, boneka sampe bajunya pun serba jerapah-ada di kamarnya. Sayang cuma ada satu jadi jerapahnya keliatan kesepian banget huhu. Selain itu ada beragam hewan burung, beruang madu, buaya, monyet, orang utan, unta, gajah dan masih banyak lagi.

Hello Giraffe

Hello Giraffe

Teman saya yang tinggal di Surabaya bilang, KBS banyak berbenah setelah beberapa kasus yang menimpanya. Sekarang KBS semakin rapih dan bersih dari sebelumnya. Pengunjung yang datang akan membeludak setiap akhir pekan, dan dipastikan bakal sulit mendapatkan tempat parkir. Hamdallah ya… semoga hewan-hewan yang ada di dalamnya juga bisa dapet treatment yang lebih baik dari waktu ke waktu. Amiiiinn

Kebun Binatang Surabaya berlokasi di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Buka dari jam 08.00 sampai jam 16.00 setiap harinya. Andai dekat dari rumah, Raka pasti bakal sering kami ajak kesini :))). Disana saya sempat melihat ada banyak spanduk yang menginformasikan tentang wahana baru yaitu Breakfast With Elephant (BWE). Ternyata wahana ini punya 3 fasilitas sekaligus (tunggang gajah, Sajian Ala Suroboyo, Berfoto bersama satwa Aves, Reptil, dan Gajah) wahana ini hanya ada di saat weekend (Sabtu dan Minggu) dan hari libur nasional.

(Baca Juga: Ajak Caraka Belajar di Bali Safari & Marine Park)

Do you spot the monkeys?

Do you spot the monkeys?

Gajah yang ditunggangin ini bikin Raka simpatik banget

Gajah yang ditunggangin ini bikin Raka simpatik banget

First time Raka ketemu pejantan Orangutan

First time Raka ketemu pejantan Orangutan

Selain BWE, Kebun Binatang Surabaya memiliki beragam wahana lainnya yang bisa kalian eksplore yaitu; Animal Edutainment (atraksi satwa), Tunggang Satwa (gajah dan unta), Kids Zoo (berisi satwa kecil dan jinak), Perpustakaan, Jalur Jogging, Arena Rekreasi (flaying fox, berenang, outbond, wisata perahu, bom – bom car, dan bungee trampoline), Jembatan Pantau, beragam Spot Foto.

Serta wahana yang paling menarik adalah Feeding Time And Keeper Talk (hari minggu dan libur nasional). Berikut jadwalnya: Binturong jam 10.00, Harimau Benggala jam 10.30, Pelikan jam 11.30, Pecuk Padi hitam jam 11.30, Buaya jam 12.00, beruang madu jam 13.00 dan komodo jam 13.30. Sayangnya kami yang datang ketika weekday, tentu gak bisa menyaksikan beberapa wahana yang ada.

Jujur aja baik saya atau fahmi gak pernah suka kalau datang ke zoo lalu ada wahana menunggangi hewan semacam di KBS ini. Namanya pengunjung yang datag kan banyak ya?! Kasian banget kalau hewannya kecapekan huhu. Semoga aja kedepannya gak ada lagi wahana semacam ini lagi. Amiiiin

(Baca Juga: Suka Banget Batu Secret Zoo Karena?)

di Kandang Beruang Madu

di Kandang Beruang Madu

kalau kata Raka itu temannya Marsha hihi

kalau kata Raka itu temannya Marsha hihi

Total ada 7 unta yang menggemaskan

Total ada 7 unta yang menggemaskan

Meskipun begitu kami tetap happy dan gak akan kapok untuk datang lagi ke KBS. Beda dengan binatang lainnya, KBS punya banyak sekali unta yang menggemaskan!! Sebenernya kami sempat mau masuk ke bagian Aquarium, tapi karna Raka yang bangun dari jam 5 pagi dan belum tidur siang, akhirnya kami memutuskan untuk pulang setelah mampir ke kandang unta. Sebelum pecah perang dunia ke 3 yakan… sebab bocah ini klo capek+ngantuk nyebelinnya luar biasa.

Datang ke kebun binatang bersama si kecil memang selalu jadi agenda yng menyenangkan. Karna saya yakin, Raka pasti selalu bisa mengambil pelajaran disini sekecil apapun itu. Serta menyimpan memori kebersamaan kami, seperti saya yang selalu ingat kalau ke zoo bersama mama dan bapak ketika kecil. Punya rekomendasi Zoo yang bagus lainnya?? Mau doong dibisikin 😀

+ There are no comments

Add yours