Camping Seru di Situ Gunung


area danau atau Situ Gunung
Terakhir saya camping dan mendirikan tenda sudah hampir dua tahun lalu, di atas gunung Papandayan yang kala itu saya hampir mati beku karena kedinginan. Setelahnya, kegiatan naik gunung sangatlah saya hindari karena saya sendiri memang lemah dengan dingin, nanti aja naik lagi kalo udah cukup latihan. Camping nggak mesti di atas gunung yang tingginya beribu-ribu mdpl kan? Dan ketika benar-benar rindu untuk mendirikan tenda tanpa perlu naik gunung, akhirnya saya diajak untuk camping di Situ Gunung.

terdapat banyak sekali pohon pinus

membuka bekal perjalanan di pinggir danau ini nikmat loh ;’)
Situ Gunung bisa menjadi alternatif ketika kita ingin liburan santai dan menikmati segarnya udara pegunungan tanpa perlu bersusah payah menuju puncak. Mudah dijangkau dari ibukota karena terletak di Kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 850 mdpl, Kecamatan Kadu Dampit sekitar 16 km dari barat laut Kota Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat asri, terdapat danau yang cukup luas dan di kelilingi hutan pinus menjadikan danau semakin indah dan sejuk. 
Untuk menuju lokasi transportasi nya lumayan mudah, untuk yang dari Jakarta memiliki pilihan untuk naik bus, atau KRL baru kemudian menuju terminal Baranang Siang Bogor. Pilih jurusan Sukabumi kemudian turun di Pertigaan Cisaat, dari sana kita memiliki pilihan untuk kembali naik angkot warna merah atau ojek untuk langsung menuju Situ Gunung. Saya dan suami yang menggunakan motorpun tidak kesulitan untuk menemukan pertigaan Cisaat. 

fasilitas camping ground dari pihak pengelola

kebanyakan pohon yang berada di Situ Gunung menjulang sangat tinggi

Kami membawa tenda milik sendiri jadi kami diarahkan ke area camping ground yang bernama Tegal Tepus, letaknya sedikit lebih atas dari letak Situ (danau), karena jika ingin camping di pinggir danau, kami harus membayar sewa lagi tanpa harus mendirikan tenda sendiri, karena tenda sudah berdiri rapi dan juga penginapan yang di kelola SITU GUNUNG PARK (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).
the place we called home ;D
sedikit aturan yang berlaku
Camping Ground Tegal Tepus telah dilengkapi dengan fasilitas MCK/ Toilet dan air bersih yang melimpah, hanya perlu sedikit menuruni tangga berbatu pengunjung bisa mandi atau sekedar nyuci-nyuci piring yang kotor. Kalau kalian memang udah kangen banget untuk camping, Situ Gununglah jawabannya. Banyak pilihan untuk berlibur disini, selain penginapan dan danau terdapat juga air terjun yakni Curug Sawer yang memiliki ketinggian 25-30 meter, tapi kami memutuskan untuk menikmati suasana camping tanpa banyak kesibukan lainnya. Saat kembali nanti, kami pasti ketempatmu yaa.. Curug Sawer :)) 
petunjuk di dekat pintu masuk
abaikan modelnya, nikmati saja viewnya :p
Penampakan Tegal Tepus yang bersih dan tenang membuat kami sangat nyaman untuk berkemah dan menikmati perbekalan. Struktur tanah yang memang sengaja dibuat datar dan sejajar menjadikan kami bisa tidur dengan nyaman sambil mendengar suara merdu ribuan serangga hingga terlelap. Saya kepikiran untuk kembali camping di Situ Gunung, mengajak beberapa kerabat dekat pasti akan lebih menyenangkan, atau coba camping di pinggir pantai?!?

12 Comments

Add yours
  1. 11
    Fauzan

    Mba Putri tanya donks.. aq punya anak 1stengah tahun dan mau bawa tenda sendiri… kira2 suasana untuk anak umur segitu suasananya gmn? fyi kmi akan camping sekitar 7 sampai 10 orang…

+ Leave a Comment