MONTESSORI AT HOME; Asiknya Belajar dengan Konsep Small World


Yang ngikutin instagram saya, pasti tau ya kalo saya tuh cinta banget sama beragam figurines atau miniatur beragam hewan dan serangga. Makanya saya sering banget kasih raka kegiatan yang materialnya menggunakan figurines yang sudah kami punya di rumah. Kenapa kok bisa cinta banget?! Karna dengan figurines ini saya bisa membangun Small World untuk Raka, buat saya membuat atau bermain dengan small world ini menyenangkan banget karna bisa benar-benar real. Jadi saya tuh seakan-akan bisa membawakan sebuah dunia kehadapan Raka secara langsung dan nyata.

Yang saya suka, membuatkan Raka small world ini bisa sangat menyenangkan karena saya bisa secara bebas menyetting beragam latar tempat seperti pantai, laut, hutan, peternakan dan lain sebagainya; sesuai yang saya inginkan/kreativitas sendiri. Bahan material yang dipake juga bisa bebas, bisa pakai playdough, biji-bijian, waterbeads, kain flanel, atau material real seperti pasir dan rumput. Hanya saja dibangun dalam ukuran mini persis seperti maket para arsiteklah xiixixixi. Setelah di set up, baru deh ditaruh figurines yang sesuai. So far, ini jadi cara yang efektif banget untuk ngenalin Raka tentang habitat hewan dan binatang.

Saking seringnya bermain Small World, kami jadi punya banyak sekali beragam material yang menumpuk di rumah. Mulai dari jagung, biji kacang hijau, kacang kedelei, makaroni pasta, beras, tepung juga waterbeads denagn beragam warna. Untuk wadah, saya biasanya menggunakan storage plastik atau play tray.

Berikut beberapa tema Small World yang biasanya saya siapkan untuk Raka mainkan di rumah:
1. Small World dengan Tema Animal Rescue

Menggunakan kain flanel yang saya buat sedemikian rupa

Menggunakan kain flanel yang saya buat sedemikian rupa

Menyelamatkan hewat yang dijerat dan disembunyikan dalam surprise egg

Menyelamatkan hewat yang dijerat dan disembunyikan dalam surprise egg

Raka ini anak yang suka banget sama hewan laut apalagi hiu. Makanya buku-buku yang dipunya kebanyakan bertemakan laut. Nah dari kegiatan ini saya mau ngajarin Raka bahwa kita sebagai manusia gak boleh menyakiti hewan baik yang hidup di darat maupun di laut. Dan ketika ada hewan yang dijerat atau diburu, harus diselamatkan dan dikembalikan ke habitat. Seperti yang terlihat di foto saya pakai pipe cleaner (kawat bulu) dan tape untuk jeratnya.

2. Small World yang Dipadukan dengan Konsep Bookishplay

Membuat latar tempat/habitat yang dideskripsikan di dalam buku

Membuat latar tempat/habitat yang dideskripsikan di dalam buku

Kalau sudah senang dengan 1 buku, Raka bakal terus minta dibacain. Nah mumpung anaknya lagi seneng, saya bantulah merealisasikan habitat yang dideskripsikan di dalam buku tersebut.

(Baca Juga: DIY Membuat Animal Lacing Card)

3. Small World yang Dipadu dengan Cerita/dongeng

Small World yang dibuat ketika Raka sedang suka dengan dongeng tentang Kevin si penguin kecil

Small World yang dibuat ketika Raka sedang suka dengan dongeng tentang Kevin si penguin kecil

Kalau yang satu ini Raka sedang suka dongeng binatang yang bercerita tentang Kevin si penguin kecil yang takut dengan air dan nggak bisa berenang. Relate banget sama Raka yang kadang takut untuk masuk ke kolam renang. Akhirnya secara instan saya print+laminate gambar penguin kecil dan membuat habitatnya sambil bercerita sesuai yang ada di buku tersebut.

4. Small World Untuk Mengenal Habitat

Small world yg di sett menggunakan jagung dan bebatuan

Small world yg di sett menggunakan jagung dan bebatuan

Karna lumayan sering belajar tentang habitat binatang, ketika saya membuatkan Small Word yang satu ini Raka udah gak bingung lagi membedakan mana yang merupakan hewan darat dan mana yang hewan laut. Senangnya…..

(Baca Juga: Ide Belajar Menggunakan Dot Stikers)

5. Small World untuk Belajar Tentang Sampah

Small World bertema sampah

Small World bertema sampah

Ini menjadi kegiatan Small Word yang terakhir kami mainkan. Seperti yang bisa kalian lihat temanya tentang sampah karna memang kami sedang berusahan untuk menanamkan disiplin mengenai sampah. Untuk cerita selengkapnya sudah saya tulis disini ya!

***

Dari tema-tema tersebut, sudah keliatan dong ya beragam manfaat dari kegiatan yang satu ini. Selain anak jadi anteng, kegiatan ini juga bisa merangsang motorik halus, melatih konsentrasi dan fokus (problem solving), melatih koordinasi mata dan tangan, membangun kreativitas serta imajinasi anak.

Supaya main/belajarnya awet, biasanya saya mengikuti Sensitive Periods-nya Raka. Atau ketertarikan yang ditunjukkan Raka, misalnya lagi suka dengan hewan laut ya saya membuatkan tema small world tentang laut. Dengan begitu, latar yang sudah saya bangun gak akan ia abaikan begitu saja ehhehee, Buibuk ada yang pernah cioba kegiatan yang satu ini? Share yuk!!

+ There are no comments

Add yours