MONTESSORI AT HOME: Ide Kegiatan Menarik Untuk Mengenal Alfabet

6/04/2019 05:46:00 AM

Akhir bulan juni ini Raka genap berusia 3 tahun, yang artinya ia harus mulai kenal dengan alfabet. Ini jadi masa paling deg-degan sih buat saya, karna ngajarin alpabet yang segitu banyaknya pasti kan susah ya?! Sadar kalau mengingat 26 huruf yang berbeda itu sulit, bikin saya termotivasi untuk mengenalkannya secara perlahan.. Jadi saya udah sounding dulu nih dari umurnya 1 tahun. Entah itu diajak bernyanyi, dikasih mainan puzzle alfabet, sampai nempel-nempel poster ABC di kamar. Tujuannya supaya ia sadar, bahwa itu adalah bahan yang harus ia pelajari nantinya.

Nah udah satu tahunan di sounding atau pdkt, barulah saya beri challenge dengan kasih Raka permainan/ fun learning yang bisa bantu ia mengenal bentuk alphabet (sebelum harus menghafalnya nanti). Proses pengenalan ini mau saya nikmatin, jadi saya gak pernah memaksa Raka untuk buru-buru menghafalnya. Gak adil rasanya kalo saya berat masukin Raka ke sekolah formal karna takut akan PR, tapi saya malah kasih dia tugas. Jadi, mari nikmati sama-sama dengan menemani bermain permainan yang mengedukasi. Berikut Ide Ide Kegiatan Menarik Untuk Mengenal Alfabet:

1. Mencocokan Huruf
Template Alphabeth yang saya buat sendiri ini bisa jadi games yang menyenangkan loh!
Percayalah bahwa belajar apapun itu, anak akan lebih semangat dan tertarik jika dilakukan sambil bermain. Meskipun gak serius, tapi belajar sambil bermain bisa jadi cara yang efektif untuk anak menyerap pengetahuan baru. Anak itu ya.. meskipun keliatan gak serius, tapi aslinya ia menyimak dan merekam dalam fikirannya. Sebelumnya Raka menolak template alphabet yang saya buat ini, tapi setelah saya laminating dan menambah material water beads ia langsung tertarik. Emang dasar ya.... anak kecil xixixixi.

2. Mencetak dan Membentuk Menggunakan Playdough 
Fun learning with Play dough  
Play dough jadi material yang gak ada matinya, selalu jadi bahan bermain yang gak pernah membosankan. Makanya nih, buibuk bisa ya manfaatin play dough untuk belajar membentuk huruf.  

3. Mencari Bagian Yang Hilang dengan Surprise Egg
Raka cinta banget surprise egg loh!
Berhubung Raka ini suka banget maluin (memalu) surprise egg, maka kesempatanpun gak saya sia-siakan. Gak cuma bisa dipake untuk belajar alphabet loh, belajar mengenal material lainnya juga bisa sangat menyenangkan menggunakan surprise egg ini. Buibuk bisa beli online tanpa isi, sepaket isi 7-8 warna. 

4. Mengelompokkan Huruf Besar dan Kecil
Simple tapi menyenangkan
Sederhana, menyenangkan dan bermanfaat. Ini cara buatnya gampang banget ya ibu-ibu pasti semua bisa buatnya di Ms. Word. Awalnya saya takut tugas ini terlalu berat untuk raka yang masih 2,5 tahun.. tapi Hamdallah ia tetep keliatan fun dan bisa membedakan bentuk mana yang huruf besar dan kecil meskipun font-nya jauh berbeda. Kalau mau free printable-nya bisa download disini ya!

5. Menempel Sticker Nama
Untuk anak yang hobby main sticker
Sama seperti paly dough, menempel sticker juga jadi kegiatan favorite Raka. Pokoknya gak akan berhenti nempel-nempel kalo belom habis. Makanya saya manfaat untuk Raka menempel huruf-huruf yang terangkai menjadi namanya sendiri. Meskipun ia belum bisa menulis ataupun membaca, Raka tetap bisa membedakannya lewat bentuk huruf yang ia lihat. Sticker dot besar ini bisa dicari di gramedia atau toko buku ya ibu, kalau mau template namanya bisa didownload disini.

5. Tracing Sand
Tracing Sand tapi pakai garam xixixi
Sebenernya tracing sand ini jadi kegiatan yang paling buncit yang mau saya kenalin saat ini ke Raka. Karna kan jelas ya, kegiatan ini lebih optimal kalau anaknya udah mulai bisa nulis. Tapi akhirnya saya eksekusi juga hahahha, tujuannya sih biar ia gak asing aja sama kegiatan ini nantinya. Jadi kalau anak buibuk udah mulai belajar nulis, bisa ya pakai kegiatan ini. Cukup pakai stock garam di rumah, hemat dan bermanfaat xixixi.

***

Semua kegiatan yang saya sarankan diatas, adalah kegiatan agar anak mengenal alfabet. Raka masih 3 tahun, jadi rasanya masih jauh sekali untuk sampai ditahapan bisa membaca. Saya gak ingin membuat Raka bingung karna mengajari semua hal dalam waktu yang bersamaan. Buat apa memaksa anak bisa membaca tapi ia gak paham dengan apa yang dibaca serta maknanya. Makanya, pelan-pelan aja ya ibook! Meskipun anak baru bisa corat-coret, mari tetap menemaninya bereksplorasi. Kalau ibuk sedang berada ditahapan mengajari anak membaca (usia 5-7 tahun), coba bisa dipelajari metode fonik ya! Nanti kita cerita-cerita dan diskusi lagi di artikel selanjutnya. See you when I see you!


You Might Also Like

0 komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of