Budget Traveling Bersama Anak ke Kuala Lumpur 4 Hari 3 Malam

6/14/2019 11:55:00 PM

Pose pura-pura bahagia padahal kepanasan.
Jika secara kebetulan kalian terdampar ke artikel ini karna butuh informasi tentang traveling bersama anak ke Kuala Lumpur, saya sarankan untuk membaca 2 blogpost sebelumnya ya. Biar nyambung aja gaiss, karna rugi kalo gak baca selengkapnya apalagi banyak kelucuan tholeque disana huehuee. Ceritanya ada di Cerita Jalan-jalan ke Kuala Lumpur dan Cerianya Raka di Aquaria KLCC, nah setelah 2 artikel tsb terbit, banyak banget yang menanyakan lewat email tentang berapa budget yang kami habiskan selama 4 hari 3 malam di KL. Maapin ya gengs.. karna saya anaknya kebanyakan pengen jadi kegiatannya bukannya berkurang malah nambah terus :P

1. Biaya Tiket Pesawat 
My always curious buddy!
Seperti yang saya bilang tadi, kami traveling selama 4 hari 3 malam. Total harga tiket pulang-pergi yang kami beli 1,3 juta, untuk 3 seat. Murah banget ya? Em, secara ini tiket promo yang sara buru 6 bulan sebelum keberangkatan. Berangkat naik Airasia dan pulang naik Citilink yang kebetulan baru membuka rute Internasionalnya. Karna tiket yang kami beli baik pulang maupun pergi ini merupakan tiket promo, jadi saya ingatin yaa.. kalo promo tiket ini bakal langka atau sulit didapet mengingat harga tiket pesawat saat ini yang Astagfirullah mahalnya, jadi nominalnya jangan jadikan acuan, tapi tetap jadikan motivasi untuk diburu xoxoxxo. 

Tips saya sering-sering scroll e-commerce yang membandingkan harga tiket beberapa airlines, karna biasanya jadwal atau informasi tiket promo ada disana. Kalo saya biasanya issued tiket berangkatnya dulu nih, baru nanti 1-2 bulan sebelum berangkat mulai memburu tiket kepulangan.

2. Biaya Penginapan
Raka yang menikmati night city view <3
Kalo rajin ngikiutin instagram saya pasti udah tau ya kalo saya prefer pakai airbnb daripada booking hotel. Alasannya karna kalau pakai Airbnb, kami yang bawa toddler bisa lebih fleksible dalam memilih fasilitas. Nah waktu di Kuala Lumpur kemarin kami menjatuhkan pilihan menginap di D'Majestic apartemen yang letaknya gak jauh dari Stasiun Pudu (jalan kaki cuma 3 menit). Langsung booking 4 malam lewat aplikasi Airbnb, karna selain strategis fasilitasnya juga sudah sangat memenuhi kebutuhan kami. Di D'Majestic kami dapat harga sekitar 1 jutaan untuk 3 malam, dengan fasilitas dapur, mesin cuci dan lemari es. Harga yang murah banget dong untuk 3 orang?! Meskipun gak dapet sarapan, gak menjadi masalah karna dibelakang apartemen ada banyak sekali restoran. Yang penting bisa masak air (teko electrik always save my day!)jadi gak perlu beli banyak air minum xixixiixi.

Nah untuk Tips mengenai penginapan, saran maeboo carinya di airbnb aja ya.. Karna perbandingan harganya bisa jauh banget dibandingkan kalau menginap di hotel. Makanya aplikasi airbnb ini jadi salah satu apps yang harus kalian punya, apalagi buat yang punya bayi kan asik kalau bisa dapet extrabed. Disana juga kalian bisa memilih deh fasilitas apa yang kalian butuhkan, mulai dari dapur sampai fasilitas fitness. Ada baiknya mencari lokasi yang strategis jadi gak perlu keluar ongkos lagi kalau mau keluar atau citytour. 

3. Biaya Makan, Tujuan Wisata dan Transport
Yang kalo baru turun minta naik lagi gak mau dipoto gaiss..
Nah untuk pengeluaran makan, wisata dan transport kemarin kami menyiapkan 700 RM (yang tenyata masih lebih banyak banget), yang kami ambil ketika tiba di KLIA2. Iya, tiap keluar negeri baik saya maupun Fahmi jarang banget nukar uang dari Indonesia. Apalagi untuk negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore, kami cukup mengambilnya lewat ATM. Nah kalo cuma beberapa atm, tinggal bandingin aja tuh kurs setiap banknya. Kalau kemarin kami akhirnya ambil pakai CIMB yang memang ratenya jauh lebih bagus di Malaysia. 

Untuk sekali makan di restoran pinggir jalan KL harganya sekitar 7-15 RM, camilan 3-5 RM lain lagi kalau makannya di mall ya gengs. Sedangkan transportasi rata-rata tarifnya sebesar 1-3 RM sekali jalan (lebih dari 90 Cm anak wajib membayar tiket) jadi tergantung mobilitas kalian aja ya. Untuk kami yang ala backpakeran tapi doyan jajan, 100 RM/orang dalam 1 hari sudah sangat cukup. Bahkan kami sempat banyak jajan di Masjid Jamek, kalian harus coba datang/Shalat Jum'at di Masjid Jamek. Karna ketika Jum'at siang ada banyak banget kuliner yang dijual disepanjang jalan menuju masjid.

Info Harga Atraksi Serta Destinasi (pengeluarannya sudah include dalam point 3)

Nah kalau udah baca blogpost saya sebelumnya, pasti udah tau ya destinasi apa aja yang kami kunjungi. Semua tujuan wisata yang kami datengin gratisan semua kecuali Aquaria KLCC gaiss Ahahhaha. Karna memang niat kami yang cuma mau citytour dan Raka yang lagi seneng-senengnya turun-naik MRT, jadi keliling pakai transportasi KL udah jadi hiburan tersendiri buat doi. Dan alasan lainnya tentu saja badan yang mudah remuk bagai keripik, jadi gak tsangguplah bawa bocah ke destinasi yang jauh-jauh (kecuali durasi perjalanan kami yang 1 minggu). 

Muka lelah mamaibu yang dipaksa senyum sama ayah wkwk
Harga tiket masuk Aquaria KLCC sendiri, Dewasa 65 MYR, Anak 55 MYR dan Big Hamdallah karna Anak <3years Free! Jadi tepat bangetlah buat raka untuk datang, karna beberapa bulan lagi doi udah 3 tahun xixixi. Untuk cerita selengkapnya bisa dibaca di blogpost sebelumnya ya.

Rekomendasi wisata gratis yang bisa dinikmati dan eksplorasi
1. Batu Caves
2. Jalan Alor 
3. KLCC Park
4. KL Forest Eco Park
Semoga bisa saya review satu-persatu wisata gratisan di KL ini ya... Ditunggu! Nah, ketika mau kembali ketanah air, uang kami masih sisa sekitar 150 RM. Jadi akhirnya kami pakai untuk membeli mainan, coklat dan makan di restoran (lumayan mewah) di KLIA1. Jadi total budget kami secara keseluruhan sebagai berikut:

Tiket Pesawat 3 seat pulang-pergi: Airasia 800.000 + Citilink 500.000= 1.300.000
Airbnb 4D3N at D'Majestic Apartment: 1.100.000
Makan,Wisata & Transport: 2.400.000

Total Budget Traveling Bersama Anak ke Kuala Lumpur 4 Hari 3 Malam = Rp 4.800.000

Namun harus diingat bahwa total budget tersebut akan sangat sulit dicapai kalau gak pakai tiket promo. Karna normal tiket Jakarta-Kul 400-800 ribu sekali jalan. Sekian sharing budget traveling dari kami, semoga bisa membatu buibuk dan pabapak dalam merencanakan liburan ke Kuala Lumpur bersama si kecil. Fell free to share, kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung komen atau lewat email yes. Selamat menyusun rencana perjalanan!!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih mba, aku mau ajak jalan 3 bocah nih, mudah-mudahan bisa tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amiiin, semangat memperjuangkan liburan bersama si kecil yaaa!!
      Thankyou sudah mampir :)))

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of