Terpesona di Museum Satwa, Jatim Park 2

9/24/2018 07:44:00 PM

Bangunan Museum Satwa ini jadi bangunan yang paling menarik hati saya ketika baru aja tiba di Jatim Park 2, Batu. Bangunan berwarna putihnya memiliki pilar pilar yang menjulang tinggi, persis banget seperti bangunan kuno ala Yunani. Gak cuma saya aja, Rakapun langsung tertarik sama patung gajah super besar yang ada di depan museum yang satu ini. Beruntungnya kami yang datang dihari kerja, jadi suasananya gak terlalu ramai dengan pengunjung, mau narsispun bisa leluasa deh.

Ternyata Museum Satwa ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jatim Park II, museumnya berisikan fosil dari berbagai macam hewan baik yang sudah punah maupun yang masih ada hingga saat ini. Saat kami masuk kedalam kami disambut oleh sekelompok keluarga gajah, jerapah dan rusa yang berdiri tegak di ruang utama. Selain ada beberapa satwa yang sudah diawetkan, kami juga menemukan ada banyak fosil yang di pajang.

Bangunan ala klasiknya memikat hati ya?!
Yuph! Museum Satwa ini juga menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Awalnya saya merasa sedih kok kasiannya binatangnya diawetin demi buat dipajang gini?! Tapi setelah saya baca-baca ternyata; seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa kami peroleh tidak dengan sengaja diburu tetapi kami mengawetkan satwa yang telah mati. Karena sesuai dengan tujuan didirikannya Jawa Timur Park 2 yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar. Whaaaa hebaaat yaaa!!!

Hebat banget karena semua koleksi binatang yang diawetkan di Museum Satwa ini bener-bener berhasil mengundang decak kagum. Karna kami merasa mendapat pengalaman yang berbeda dari kebun binatang yang biasanya kami kunjungi. Karna kalo biasanya di zoo Raka cuma bisa melihat binatang dari kejauhan, di Museum Satwa ini dia bisa melihat binatangnya lebih dekat. Pihak museum juga gak sembarangan men-displaynya, melainkan ditata sedemikian rupa di setiap ruangan sehingga menjadi lebih hidup, tampilannya juga seakan membentuk sebuah cuplikan cerita. Keren!

Duh masuk kedalem makin keren!
Akhirnya bisa deket-deket sama unta xixixi
Serius sampai terpesona
Yang suka binatang laut pasti suka!
Selain ada banyak pose hewan-hewan darat yang dipajang, pengunjung juga bisa menikmati beragam serangga di ruang insecta.  Sama dengan sebelumnya, semua koleksi Serangga disini diawetkan dengan sangat baik. Semuanya disusun dengan begitu indah dan rapi, juga lengkap. Di ruangan lainnya, museum ini menyajikan rangka / fosil hewan, yang tentu saja gak semuanya rangka atau fosil asli, tapi teteplah juara. Karena apa?! Karena ada rangka Paus Biru atau Blue Whale, yang merupakan Mamalia terbesar di muka bumi dan rangka ini adalah asli, alias bukan fosil buatan. Gokillah yak!! 

Kami paling menikmati ruangan yang penuh dengan aquarium-aquarium ini, karena memang Raka yang suka banget sama hewan laut. Nah kalo emak bapaknya doyan makan seafood ehehhehe. Terakhir ada Ruang Khazanah Pengetahuan Satwa, yakni ruangan khusus anak-anak yang isinya banyak patung-patung yang menampilkan organ dalam hewan, papan-papan interaksi berisikan pertanyaan mengenai hewan-hewan, film yang terus menyampaikan pengetahuan alam,  dan juga beberapa petugas yang selalu siaga dan cekatan membantu anak-anak menikmati proses belajarnya. Karena udah capek karna seharian main di Batu Secret Zoo, kami jadi gak sempat masuk. Next time kami pasti datang lagi, karena Raka besar nanti pasti bakal lebih excited dan enjoy datang kesini. Selamat liburan sambil belajar yaaa!!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Eh tapi itu bukan hewan beneran yang diawetkan kan, Mbak? Tadi baca katanya hewan yang diawetkan. Kasian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pertama kali juga mikir gitu, tapi ternyata mereka cuma awetin binatang yang emang udah mati. Kalo enggak kayanya museum ini udah kena proses hukum sih pasti ehehehe

      Delete
  2. Eh ini biaya masuknya berapa ya, Put?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kemaren aku pake tiket terusan kak, 120.000 termasuk batu secret zoo dan museum ini. Seperti masih dibawah 50ribu. cmiiw hehe

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of