Jumpa Puluhan Rusa di Penangkaran Rusa Maliran

7/15/2018 09:11:00 AM

Agenda ke Maliran ini sebenernya impulsif banget, karena sebelumnya gak pernah tau kalo 17 km dari rumah ternyata ada penangkaran rusa, thanks to social media :D. Jadi datang kesini ya cuma mengandalkan panduan dari Google Maps, meskipun sempet bingung, tapi Alhamdulillah ternyata tempatnya cukup gampang untuk ditemukan. Setelah saya baca baca ternyata Penangkaran Rusa Maliran ini bukanlah obyek wisata baru, melainkan sudah aja sejak tahun 2000an. Dan sepertinya kembali eksis karena pihak pengelola melakukan banyak pembenahan, salah satunya menciptakan landmark baru yakni “Maliran Deer Feeding”.

Hello Deer!!
Memiliki luas 4,3 hektare, di Penangkaran Rusa Maliran terdapat 72 ekor rusa berjenis Cervus Temorensis. Penangkaran rusa ini berlokasi di kawasan perhutani RPH Sumberingin atau yang lebih dikenal sebagai Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok. Rumah kami yang berada di kecamatan Udanawu, cuma butuh waktu sekitar setengah jam perjalanan untuk sampai disini. Kalo dari arah Kota Blitar, kalian bisa ke barat – Pertigaan Monumen Tugurante ke kanan – setelah tikungan akan dijumpai gapura menuju wana wisata di kanan jalan. Dari sana kalian akan menemukan petunjuk yang bertuliskan “Maliran Deer Feeding”.

Sebenernya Caraka udah sering banget ketemu sama Rusa, wong di Kebon Rojo yang ada di Blitar juga ada?! Bedanya di Maliran ini pengunjung bisa lebih bebas berinteraksi dengan para rusa, dan tentu aja jumlah rusanyapun jauh lebih banyak dibanding yang ada di taman kota. Jadikan lebih menggemaskan ketika mereka berebut makanan yang kita kasih xixixii. Yang saya suka juga, kawasan penangkarannya yang dikelilingi banyak pohon tinggi bikin suasana jadi adem dan nyaman meskipun datang di siang bolong. 

Belum pegang makanan sudah disambut para rusa
Raka yang gak takut kena ilernya rusa hahaha
capek, ndeprok yuk!
emeshiiin ya!
anjungan pengunjung
ada taman yang adeeeeemmm banget!

Gak usah repot-repot bawa sayuran yes, karena gak jauh dari area penangkaran ada banyak warung yang menjual makanan rusa berupa kacang panjang. Gak mahal kok, cuma Rp 2.000/ikat. Karena ketika kami datang matahari lagi panas-panasnya, akhirnya kami cuma sanggup kasih makan kumpulan rusa rusa dari sebuah gazebo(atau anjungan ya namanya?! cmiiw) besar yang tersedia di tepi lokasi penangkaran. Disini Raka girangnya bukan main, karena jumlah rusa yang menghampirinya lebih buanyak dari biasanya. Bahagia rasanya bisa nyenengin Tholeque cuma dengan modal tiket masuk Rp. 10.000/orang. 

Gak cuma bisa nyuapin banyak rusa, pengunjung juga bisa belajar banyak mengenai hewan rusa. Mulai dari habitat aslinya, jenis, dan pakan rusa. Buat yang suka foto-foto, disini ternyata juga menyediakan spot foto yang Instagenic abiss!! Spot fotonya berupa frame kayu yang bergantungan dan berlatarkan rimbunnya hutan, cucoklah sist. Ada pula playground, double track, dan wahana bermain bagi orang dewasa yang bisa digunakan kalo kalo merasa bosan. Karena kami belum kapok untuk datang lagi, semoga tempatnya bisa makin cakep dan terpelihara yaaa, terlebih kesehatan para rusa-rusa yang gemesnya puoollll!

You Might Also Like

0 komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of