8 Cara Menikmati Eksotisme Belitung

1/12/2018 08:37:00 PM

Kalian percaya bahwa Belitung bisa jadi pilihan sempurna untuk Weekend Getaway from Jakarta?! Saya aja baru percaya setelah mencobanya langsung sendiri. Gak pernah nyangka kalau ke Belitung bisa jauh lebih cepat dibanding kalau kita ke Bandung. What?! Serius, put?! Banget! Karna asiknya ke Belitung ini punya jadwal penerbangan yang memang cocok, ada jadwal keberangkatan di Sabtu pagi-banget (05.55) dari Jakarta dan kepulangan di Senin pagi (07.30), atau kalau mau pulang di hari Minggu kalian bisa kembali ke Jakarta dengan flight sore (16.30). Durasinya cuma 60 menit, jadi bener lebih cepet daripada ke Bandung dong?! Ehehehe.

Pulau Lengkuas jadi salah satu spot terbaik untuk narsis gengs
Kalau saya dan Fahmi lebih memilih kepulangan di Senin pagi, karena Alhamdulillah masih sempet untuk Fahmi pergi ngantor (karna ngantornya nyantai juga sik, gak butuh seragam dll). Meski cuma 2 hari penuh, kami tetap bisa banyak melakukan kegiatan seru di Belitung, karena memang kami gak menemui kesulitan untuk mencapai destinasi-destinasi populer di sini meski hanya menggunakan sepeda motor sewaan. Semua udah ada di GPS, asik banget kan gengs. Dari beberapa artikel yang saya tulis tentang Belitung di blog ini, saya rangkum semua kegiatannya jadi satu disini ya. So there are 8 activities you should do in Belitung:

1. Island Hopping, hinggap dari satu pulau ke pulau lainnya untuk menikmati keindahannya secara maksimal

Keindahan perairan Belitung
Liat yang bening-bening kayak gini?! Siapalah yang gak suka, pasti mantap djiwa. Obat paling ampuh untuk melepaskan penat serta fikiran, asal jangan lama-lama move on-nya nanti yaaa... :P



2. Snorkeling, gak cuma pantai Belitung juga kaya akan keindahan bawah lautnya

kegiatan paling seru ketika island hopping
Ada beberapa titik penyelaman yang bisa pengunjung nikmati, kalau kami dibawa di samping Pulau Lengkuas. Jadi snorkelnya berlatar menara mercusuar. Seruuu!


3. Mengabadikan fenomena bebatuan besar yang tersebar di beberapa pulau

Batu besar di Pulau Batu Berlayar, mirip kaya layar kan?!
Belitung memang khas banget dengan batu-batuan besar yang tersebar begitu banyak. Bahkan di sepanjang jalan menuju Tanjung Kelayang (starting point), kami udah bisa menemukannya bertengger ditengah-tengah lingkungan warga. Masyaallah ya!


4. Menyaksikan air biru ajaibnya Danau Kaolin

Meskipun panas, yang pentis eksis wkwk
Gak hanya menyaksikan, kalian juga wajib untuk mengabadikan fenomena ajaib ini ya! Danau Kaolin ini bukan tercipta secara alami ya, melainkan efek dari penambangan Kaolin yang memang banyak dilakukan di Belitung.



5. Bermain dengan kata di Museum Kata Andrea Hirata

Salah satu sudut di Museum Kata
Museum yang merupakan meseum literatur pertama ini menjadi wajib kalian kunjungi karena isinya yang begitu penuh dengan mimpi, harapan serta motivasi yang saya jamin bakal menyentuh hati kalian. Jadi yang memang gak menyimak karya-karya dari Andrea Hirata, gak perlu khawatir karena disini kalian bisa mengenalnya dengan baik atau bahkan mulai jatuh cinta dengan karyanya.



6. Menjejakkan kaki di rumah tradisional khas Belitung

Bagian teras rumah
Rumah adat Belitung ini terletak di Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani, persis di samping Kantor Bupati Belitung. Rumah adat yang berupa rumah panggung ini merupakan rumah asri yang menjadi kebanggaan masyarakat Negeri Laskar Pelangi yang dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 500 meter persegi.


7. Nongkrong gaul di tengah keramaian pusat kota Tanjung Pandan ketika malam

Pusat kota Tanjung Pandan yang selalu ramai menjelang malam hari
Gak cuma asik untuk mencari udara malam, yang bikin saya betah disini tentu saja karna ada banyak banget jajanan. Mulai dari mie belitung, pempek, gorengan, bahkan es durian. Jangan ketinggalan juga untuk mampir ke kedai kopi legendaris yang gak jauh dari bunderan kota ini.


8. Ngopi itu paling wajib!

Iya, segini rame cuma buat ngopi!!
Kedai Kopi Ake inilah yang saya maksud tadi, kedai kopi legendaris yang letaknya memang berada di pusat kota. Selain itu kedainya juga selalu penuh pengunjung, jadi kalian gak akan kesulitan untuk menemukannya.

****

Demikian kegiatan yang gak boleh kalian lewatkan kalau liburan ke Belitung ya... Punya kegiatan lainnya boleh, tapi yang 8 ini paling wajib karena gak bisa dilakukan selain di Belitung.*anaknya demen maksa* Ehehehe. Karna saya dan Fahmi datang cuma 3 hari 2 malam, jadi kami memutuskan untuk gak ngegembel-gembel banget. Jadi datang udah ada yang jemput ke hotel yang udah dibooking juga dong. AHhaha ternyata asik ya traveling tanpa ribet book sana-sini. Kalau kalian juga mau seperti kami, kalian bisa pake jasa open trip dari Wana Tour, yang gak cuma murah tapi juga punya banyak pilihan paket. Atau mau buat custom trip, silakan kontak whatsapp berikut ini ya >> 085811733616 (bisa langsung diklik). Selamat berlibur dan menikmati eksotisme Belitung!!

You Might Also Like

15 komentar

  1. Belitung jadi hits setelah laskar pelangi booming ya. Belitung jadi mulai dikenal dan jadi banyak yang dateng ke sana. Destinasi wisatanya keren-keren bangett. Mau banget ke pulau lengkuas yang hits sama mercusuarnya. 8 destinasi yang mamaibu tulis bakal jadi rekomendasi deh kalau nanti ada rezeki ke Belitung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, jadi Andrea Hirata ini keren yaaaa
      Bikin kampung halamannya jadi hits sampai ajang internasional.
      Amiiiin, pasti bisa kan dekeeet ehehehe

      Delete
  2. saya pernah kesini sendiri tapi ga ketemu rumah traditionalnya hikz.. sedih banget... waktunya mepet juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya harus balik lagi kak, aku juga pengen ngulang kesini lagi
      makanannya enaaaaaaakkkk. Moga bisa ajak Caraka kesini amiin

      Delete
  3. Itu pantainya sepi banget. Buat ngilangin stres enak itu, Mbak Put. Teriak di sana. Yang kenceeeenng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, wong kita datang pas bulan romadhon jadi sepi hahahahaha

      Delete
  4. Waaaah!
    Kebetulan minggu depan mau ke Belitung, eh nemu tulisan kak Putri tentang Belitung.
    Ga sabar pingin snorkeling di Pulau Lengkuas euy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tripnya bareng keluarga besar ya kak, iikk seru bangeeett!!

      Delete
  5. Rekomendasi penginapan yang murah donk mba,akhir bulan mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku pake hostel waktu itu, tapi lupa namanya hahaha. tapi masih on budget banget kok harganya.. cari yg pake kipas juga banyak

      Delete
  6. Rekomendai penginapan yang murah donk mba,akhir bulan mau kesana

    ReplyDelete
  7. mba kalo sewa motor dr bandara atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sewa motornya minta dibantu driver taxi yg anter dari bandara, atau kamu bisa minta bantuan staff penginapan :)

      Delete
  8. Tertarik warung kopinya
    Btw foto2nya mantap abissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya wajib ngopi kalau kesini. Thanks yaa!!

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of