Mengintip Melbourne Street Art di Hosier Lane

7/15/2017 10:14:00 PM

Melbourne lagi nih gengs, kota yang dijuluki sebagai Most Livable City in The World oleh Economist Intelligence Unit (EIU) sebanyak 6 kali berturut-turut ini emang punya banyak banget pesona. Rasanya siapapun pasti punya alasan untuk datang ke kota ini, karna memang ada banyak hal seru dan menarik yang bisa dinikmati. Misalnya ada banyak pantai yang hits banget cakepnya (seperti Brighton beach), naik tramnya yang klasik, cat cafe yang unik, Victoria State Library yang indah, musisi jalanan yang keren. Dan ternyata bukan cuma itu aja bok', karna Melbourne juga sangat kondang dengan Street Artnya yang wajib untuk diintip.   


Terletak hanya 2 menit dari Stasiun Flinders Street dan Federation square, Hosier Lane dapat dikunjungi dengan mudah karna gak pernah sepi. Saya dan Fahmi aja datang karna penasaran kenapa di gang sempit ini ada banyak banget orang (pan orang indonesia paling kepo ya liat yang rame-rame :P). Oh ternyata, ini toh yang namanya Hosier Lane muiihihih. Meskipun berada di gang yang cukup sempit, Hosier Lane ini sering dijadikan tempat berkumpulnya berbagai komunitas, terutama para pecinta street art tentunya. 

Memiliki panjang sekitar 150 meter, sebelumnya gang sempit ini adalah pusat bisnis yang dihuni ratusan toko-toko. Tapi entah kenapa sekarang Hosier Lane jadi dipenuhi  mural graffiti yang dibuat oleh penduduk Melbourne sendiri dan juga beberapa seniman mancanegara. Saking penuhnya saya sampe gak nemu ada celah/tembok yang kosong di gang ini, semua penuuuh coretan dan lukisan. Kalo dilihat lebih teliti, gak cuma gambar ato grafiti aja loh. Ada banyak benda-benda aneh yang ditempel serta digantung gak jelas seperti sepatu atau kabel, tapi sama sekali gak membuat Hosier lane ini menjadi kumuh. Karna malah bikin jadi unik dan seru, nyeni abisslah pokoknya.








Beruntungnya kami karena saat itu sedang ada beberapa seniman yang memainkan piloks mereka, pasti ini menjadi agenda yang selalu dinanti para traveler yang berkunjung. Jadi gak heran ya kenapa gang hosier jadi selalu rame?! Karna Hosier Lane punya aktivitas unik yang menarik minat banyak traveler mancanegara. Bukan cuma sekedar mampir dan mengabadikannya, pengunjung juga bisa menikmati  kopi hangat di berbagai cafe/kedai kopi yang berada disini, eitsss Melbourne juga terkenal banget loh dengan kopinya, jadi wajib ya untuk dicoba.

Cara menuju Hosier Lane kalian bisa naik train dari Metro Victoria dan berhenti di stasiun tertua di Australia, yakni Flinder Street Station. Dari sini kalian cuma perlu berjalan kurang dari 300 meter mengarah ke Batman Avenue, kalian bisa menemukan Hosier Lane di sisi kiri jalan yang berada persis di depan NGV (National Gallery of Victoria). Atau naik tram City Circle (no. 35) dan berhenti di Flinders street.





Sama seperti musisi jalanannya, seni grafiti di gang Hosier Lane ini sangat didukung oleh Pemkot Melbourne yang malah justru menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata resmi kota Melbourne. Aiih mak, gurbernurnya suruh pindah sini aja kali yak, kok keren bangeeeeeeet sih! Lagi-lagi berharap kota-kota besar di Indonesia bisa sekeren dan sekreatif kota Melbourne yes!?*amiiiiin yang kenceng*

You Might Also Like

2 komentar

  1. miracle of art,, hihii

    ReplyDelete
  2. wahh keren - keren ya... gambar dindingnya... bgus tuh buat backround selfie haha..

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of

Putagram