Mission Complete: 2016 Sydney New Year Eve Fireworks

1/04/2016 10:11:00 AM

Siapa sih yang nggak suka dengan Fireworks?! Kembang api di sebatang kawat mungil aja semua suka, apalagi yang meluncur dan meletus di atas langit, cantik banget! Rasanya saya akan selalu menyukainya hingga tua dan keriput nanti. Kembang api pula yang menjadi alasan Saya dan Fahmi memilih Sydney sebagai first entry ke Australia, eh kayaknya Mei sama Velyz juga tuh.. Hihi. Kemeriahan malam tahun baru di Sydney menjadi salah satu perayaan yang paling spektakuler di dunia, moment setiap tahunnya akan selalu disiarkan ke penjuru negeri dan bikin siapapun mupeng. That's why we are so excited, Aaaaaaaaaaaaaaak!

Happy New Year!!
Tanggal 30 siang, saya, Fahmi, Mei dan Velyz sempat main ke kawasan Harbour Bridge. Tenyata jalan kaki sore di jembatan hits yang satu ini seru juga loh. Meskipun Sydney sedang rame-ramenya dengan turis mancanegara, namanya negara maju tetep deh teratur, bersih dan nyaman. Kami juga sekaligus survei lokasi terbaik untuk keesokan harinya merayakan NYE, kami akhirnya berencana memilih lokasi di Mrs Macquarie's Chair. "Besok antri jam 11 siang ya!" Celetuk Velyz. Iya, jam 11 siang harus udah antri untuk dapet tempat, karena diperkirakan bakal ada 1,6 juta orang yang datang. Hahaaa gilak! Saya yang awalnya gak percaya jadi mengerti setelah ngeliat sudah ada beberapa tenda yang berdiri sejak rabu pagi, warbiasya!  

Tapi Sydney makin keren di mata saya, persiapan malam tahun baru di kota ini bener-bener terlihat sangat dimanage dengan amat sangat baik. Petugas keamanan ada dimana-mana, info transportasi dan jalan-jalan yang ditutup disebar melalui LCD tv di pinggir jalan. Ratusan ribu antrian pada 31 siangpun terlaksana dengan sangat tertib, jadi ternyata kami mengantri sangat panjang karena ada pemerikasaan tas di pintu masuk. Saya fikir hanya di beberapa area saja yang tidak diperkenankan membawa Alkohol, tapi ternyata semua pengunjung yang datang dilarang membawanya, botol-botol kaca dan benda keras lainnyapun akan kena sita. Hebat ya?! :)


Antriannya booooook
Sekitar jam 2 siang kami akhirnya berhasil melewati pemeriksaan dan segera mencari tempat terbaik untuk menggelar kain dan... tidur! Hahhaa serius cape banget looooh, karena tenaga harus disimpan hingga tengah malam nanti. Saya sebagai mahmud profesional gak kelupaan untuk memasak dan membawa bekal (isinya ayam dan nasi 1 setengah liter). Seruuu, seruuu, semua orang gelaran di rumput, nyanyi-nyanyi, main kartu, baca buku, pokoknya mendadak jadi piknik banget coy! Ada belasan Food Truck untuk jajan, puluhan box toilet dan tempat free refil water. Piknik di kota ini benar-benar menyenangkan banget.




Tema Sydney New Year Eve tahun ini adalah "City of Colour" yang kabarnya mengeluarkan biaya hingga $7 juta, atau sekitar Rp 70 miliar. Akan ada 23.000 kembang api yang rencananya akan diledakkan dari Sydney Harbour Bridge. Dan kabar baiknya, untuk pertama kalinya NYE kali ini ada proyeksi cahaya di kedua sisi jembatan dan seni cahaya yang dibuat oleh sejumlah seniman lokal Australia. Sekitar jam 9 malam, Family Fireworks atau dikhususkan bagi anak-anak diledakan dengan meriah. Dedek dalem perut juga ikutan seneng loh, xixi. 

Dan masa yang ditunggupun akhirnya datang, 11:59 pm atau 60 detik hitungan mundur ditampilkan di layar proyektor raksasa samping bridge. Jadilah semua menghitung dan berteriak dengan histeris, dan duaaaaaar.....








Durasi kembang apinya sekitar 10 menit tanpa henti, dan meletup dari beberapa point sampai saya bingung mau lihat yang mana. Semuanya cakeeeeeeep, luarbiasa indah. Beruntung si debay yang punya kesempatan melihatnya diusia yang masih sangat dini, tahun besok kamu mau lihat dimana dek?! Heheee Berbeda dengan di Jakarta yang masih terdengar ledakan kembang api hingga jam 1 malam dari setiap rumah, di Sydney yang penjualannya dilarang yaa hanya bisa dinikmati di Harbour Bridge ini aja guys, tapi yeaah... SO SPECTACULAR !!

Berikut video pendek yang saya rekam ala-ala, buat spoiler aja sih hehee..



Petualangan ditutup dengan pulang berjalan kaki ramai-ramai, mumpung car free night, dan stasiun semua over capacity. Untungnya apartment kami deket. Xoxoxoxo 


Happy New Year 2016! Selamat Tahun Baru, Semoga bisa menjadi pribadi yang makin positif dan bermanfaat bagi sesama dan agama. Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Amin :))))

You Might Also Like

8 komentar

  1. Beda ya sama di Indonesia, walau udahan tahun barunya tetep aja masih ada yang nyalain petasan. Grrrrhh... sebel. Kembang api disana emang beneran cakep bangettt. Sampe deg-degan gitu nonton videonya tapi seneng karena berasa euforianya. Ah.. semoga bisa beneran liat kembang api di sydney.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin, pasti seru deh yaa nonton bareng sama keluarga kecilmu mbak :)))

      Delete
  2. wow Keeeereeeennn.... Pengen banget seperti mbak yang satu ini... nabung dulu aaahhhh.... makasih mbak sudah berbagi
    Salam Sahabat
    Villa Istana Bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga tercapai yaaa :D

      Delete
  3. Kita ngantri undah kayak orang bener yah :)) :))
    ga kebayang kalo aku udah sampe dalem, trus nanti keluar sebentar pas malemnya pasti udah ga bisa masuk =,=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antrian terpanjang seumur hidup deh, aku yg ngadem di pohon aja kepayahan. Hahaha tapi pengalamannya seru. Harusnya kita minta pizza nya si mas2 buleeeeee!

      Delete
  4. Semoga 2016 ini banyak membawa berkah dan kebahagiaan Amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin amiin Yarabal'alamin :)

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of