10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan di Sydney

1/10/2016 03:21:00 PM

Belum genap 2 minggu, tapi saya dan Fahmi udah lumayan kerasan di Sydney. Meskipun saya masih suka kaget sama cuacanya yang labil, alhasil bikin cepet pusing kepala, tapi Hamdalah masih doyan dan banyak makan. Hhehee Paling enggak kami jadi tau bagaimana Sydney ketika Summer, yang ternyata masih tetaap memaksa kami untuk beli selimut karna gak mau meringkuk kedinginan ketika malam. Rajin mengecek ramalan cuaca, supaya tahu kapan hujan akan turun. Jadi ini sebenernya Summer macam apa ya?! Wong gak bikin keringetan sama sekali -______-

Karena belum dapet pekerjaan tetap, saya dan Fahmi memilih untuk pelan-pelan mencoba mempelajari cara serta jalur-jalur yang dilewati transportasi publik. Baik itu Train, Bus, Ferri dan Light Rail, ternyata mudah dan efisien banget. Semua menggunakan jenis E-ticket yang sama (atau kalo di Jakarta kaya FlazzCard) dan jadwal serta rutenya bisa dilihat jelas di dalam 1 mobile apps. Asik bangetkan?! Entah saya yang norak atau memang beneran asik, pokoknya masih banyak hal-hal menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di Sydney. Silahkan disimak :) 

1. Jalan-jalan di Hari Minggu

Bondi Icebergs, jangan lupa mampir kesini kalau main ke Bondi Beach
Sebenernya dengan public transport yang super nyaman di Sydney, hari apapun oke sih buat jalan-jalan dan datang ke tempat baru. Tapi jalan-jalan di hari minggu bisa lebih menyenangkan karena ke manapun dan menggunakan transport apapun, kalian hanya perlu membayar $ 2,5 saja, terserah kemana dan berapa kalipun kalian naik-turun train, bus, ferri  dan light rail (trem). Jadi nggak heran, kalo semua orang Sydney bakalan berlibur dan memenuhi beberapa destinasi wisata ketika hari Minggu.

(Baca Juga: Kiama Blowhole Sydney)

2. Jalan Kaki

Jalan kaki tanpa klakson
Jadi, kalau saya dan mas bojo mau pindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Radius 1-2 kilo kami lebih milih untuk jalan kaki. Karena memang jalan kaki di Sydney bisa menyenangkan tanpa perlu khawatir dikelakson motor ataupun mobil. Saking nyamannya, kami bisa jalan sampai belasan blok. Toh ada beberapa stasiun yang jaraknya gak seberapa jauh, jadi masih jalan kaki-able untuk bumil sekalipun :)

3. Piknik Atau Gegoleran di Taman

Bebas gegoleran, tapi jangan maksiat yes?! :p
"Orang Sydney pasti gak pernah kekurangan piknik ya?!" komentar mas bojo, super setuju karena kamipun jadi ketularan kebiasaan orang sini yang doyan gegoleran di taman. Alhasil, kemanapun kami pergi kami selalu membawa kain pantai dan snack. Jadi kalau ada view cakep atau saya kelelahan berjalan, kami tinggal gelar lapak dan membuka bekal. Piknik yang hanya di taman bisa begitu menyenangkan karena ada banyak free refile water dan toilet gratis yang bisa dipake. Sughoi!

4. Gegoleran di Pantai

Pantai yang ramenya gak wajar. Epic! 
Gegoleran di pantai gak akan bisa lepas dari kegiatan menyenangkan yang dilakukan di Sydney, memang udah umum banget sih gelaran di tepi pantai. Tapi kalau yang gelar sampai ratusan orang kayak gini?! Beda sensasinya dong?! Tenang aja, meskipun Bondi Beach yakni pantai paling fenomenal se-OZ ini selalu ramai, pantai ini selalu bersih dan aman. Justru keramaian pengunjungnyalah yang bikin Bondi ini jadi makin spesial dan berbeda. Epic tenan!


5. Dateng Ke Banyak Festival Dan Berburu Gratisan

Free books! 
Ada yang bilang Sydney sebagai kota sejuta festival, ternyata bener. Karena tiap minggu selalu aja ada festival yang diadakan, kami sendiri hanya baru mengunjungi 1 festival aja sih, itupun nggak sengaja karena kebetulan lewat. Tapi beruntungnya kami, karena ketemu stand I-Library dimana pengunjung boleh membawa pulang buku apapun yang mereka mau secara gratis! Maka nikmat manalagi yang ingin kami dustai ketika ada banyak LonelyPlanet yang bisa dibawa pulang. Akirnya kamipun memilih guidebook ke Turkey, Nepal dan Tibet dengan sangat tidak dipaksa. Hamdalah hehehe 

6. Bebas Meluncur di Trotoar

Capek jalan, duduk santai aja  karna banyak yang bisa diliat alias cuci mata cyin
Sebelum tiba di Sydney, mas bojo kekeh banget mau bawa skateboard dari Indonesia, tapi saya larang karena saya fikir ya buat apa?! Ribet juga bawanya. Dan kemudian saya yang norak dan gak pernah ke kota modern ini baru paham, kok asik yaaa ternyata jalan meluncur dari satu blok ke blok lainnya pake skateboard?! Saya gak nyangka juga kalau trotoar buat pejalan kaki disini mulus tanpa polisi tidur, apalagi palang besi kek di Jl. Sudirman -____- *Kemudian dimarahin mas karna batal bawa skateboard* Gak hanya skateboard, siapapun juga bebas untuk meluncur menggunakan sepeda, sepatu roda, juga otopet. Pokoknya umum banget tanpa ada yang melarang :)

7. Main Burung

Dimana-mana ada burung gaes
Gakusah ngeres yak! Tapi seriussss, main sama burung di taman-taman kota lumayan bisa ngilangin stress banget loh. Bisa mendadak lupa (sedikit) kalo abis beli burger yang harganya $ 23, seneng aja kalau masih banyak hewan yang berkeliaran di tengah kota besar. Paling enggak kita jadi tau kalo kota tersebut gak punya banyak polusi udara. Mungkin karena Sydney dekat dengan laut, makanya banyak banget burung disetiap sudut kota, tapi asiknya mereka ini gak takut sama manusia. Jadi kalo kami lagi gelaran dan membuka bekal makanan, mereka secara diam-diam akan mendekat. hihi gemes pengen nangkep buat diopor :p

8. Spending New Year

Cerita Sydney NYE secara lengkap bisa dilihat disini ya!
Meskipun momentnya cuma setahun sekali Spending New Year menjadi agenda paling wajib ketika berkunjung ke Sydney, masukin deh sebagai wishlist kalian karena kami yang sudah melewatinya kemarin aja masih ketagihan. Pasti makin seru kalo si debay juga udah bisa ikutan, doakan semoga bisa balik lagi ya dek!*pukpuk perut* Untungnya kembang api di Sydney gak hanya satu tahun sekali aja, kami yang tinggal gak jauh dari Darling Harbour bisa melihatnya setiap minggu. Darling Harbour akan meledakkan kembang apinya setiap Sabtu tepat jam 9 malam. Syedaaaap kan?! Hehe


9. Berburu diskon!

Dapet free 1 cup Ben & Jerry's 
Tiba di Sydney, temen-temen apartmen langsung memberi kami banyak tehnik berbelanja murah supaya bisa survive di kota yang begitu keras ini. Alhasil mahmud udah lumayan jago dong berburu half-price di supermarket ataupun pasar sayur. Ditambah lagi ada Meidi (Geretkoper.com) yang notabene foodblogger, berkat doi kami jadi dapet Ice Cream diskonan yang enaaaaaaa' di Manly Beach. Xooxoxo

10. Masak Makanan Tanah Air Bareng Housemate

(Lisa, Junny, Yenni, Dimple, Mas Bojo, Nessya) Jangan tertipu wajah blasteran mereka, mereka semua ini asli Indonesia loh!
Ketika gak nemu makanan yang gak nendang di lidah, satu-satunya jalan ya dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Untungnya apartmen kami nggak jauh dari pasar sayur dan supermarket. Mulai dari masak pecel, sambal matah, sayur asem, bubur kacang ijo, sampai mie ayam pun berhasil kami buat. Makannya rame-rame sambil nonton film, jadi makin hangat dan seru :))


Ps: All photo taken with Olympus E-PM2

You Might Also Like

18 komentar

  1. whuaaaaa...
    baiklah.. target 3 tahun lagi harus bisa main ke sini. mumpung di sana juga ada anak aceh yang udah jadi citizen OZ.
    mupeng kaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin Mas yud, jangan lupa catat 10 kegiatan ini ya?! hehehe

      Delete
  2. mukanya menipu yaah anak-anak itu *lalu dilempar sendal sama Nessa*

    aku mau ke Utopia Architectural exhibition nih, tapi mager pisaaaan, Sydney lagi panaass :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Embeeeer, baru ini nemu cover india isi medan. wkwk

      Tapi hari ini berawan kok mei :D

      Delete
  3. iyes, kok wajah2nya mirip blasteran kabeh?

    Addudududuh, jadi pengin segera ke Oz

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aku juga bingung hahhaa
      semoga anakku ketularan blasterannya wkwkwk

      Amiiiiiin, pasti bisa!

      Delete
  4. 10 Destinasi yang putri tulis emang wajib masuk itinerary pas mau ke OZ. Oke, langsung boomark. OZ masih jadi salah satu dream destination aku, semoga diluaskan rezekinya supaya bisa main air di Bondi Beach :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiiin, aku doakan juga kak :D

      Delete
  5. Pantai yg rame nya ngak wajar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru Bondi gak seru kalo sepi mas cum, hihiii
      kami tunggu kamu dan kancutmu disini yes :p

      Delete
  6. Kangen diriku sama Sydney deh jadinya nih....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan mbak Tesya dan keluarga nostalgia ke sini lagi nih?hehe
      yang wajib aku kunjungi apa nih mbak?

      Delete
  7. ramai pantainya melebihi ramai pantai kuta. banyak banget yang berjemur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaaa kak, justru ramainya yg memang dicari... kalau sepi bukan mantai namanya kalo di Sydney. Biar gampang dapet gebetan kali yaa ehehehe

      Delete
  8. Mba Putri, mau tanya apakah utk mendapat foto yg bagus seperti foto ttg bondi iceberg itu harus makan di iceberg nya? Saya berencana mau jalan2 ke bondi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Efa,Ini Baku ambil fotonya gak pake ticket masuk kok. Dari luar aja udah cukup dapet angle bagus :))

      Delete
  9. Mba, mau nanya utk masalah apartement itu mba nyarinya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut forum WHV di facebook, atau minta tolong teman kenalan yg disana :))

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of

Putagram