Central Market Kuala Lumpur: Culture, Heritage, Art and Craft

5/29/2015 08:40:00 AM

Pernah traveling atau backpackeran ke Kuala Lumpur, Malaysia?! Berarti udah tau Pasar Seni dong?! Atau bahkan mungkin udah pernah nyoba belanja oleh-oleh di pasar ini. Central Market atau yang biasa disebut sebagai Pasar Seni ini merupakan the must visit place ketika jalan-jalan ke Kuala Lumpur, karena nggak hanya murah, pasar ini juga punya berbagai macam barang yang jual dan cocok untuk oleh-oleh ataupun cinderamata. *mencoba menjaga nafsu belanja*


Dan ternyata bangunan dari Central Market Kuala Lumpur yang sangat terkenal ini sudah berusia sekitar 126 tahun lamanya, pantaslah awak lihat banyak bangunan unik sangat disini Macik! Letak Central Market yang berada di pusat kota dan sangat mudah dicapai dengan transportasi umum seperti Kereta Api, LRT dan Bis Kota, menjadikannya sebagai tujuan belanja utama untuk para turis hingga saat ini.

Menurut saya pasar ini memiliki pengelolaan yang sangat baik, karena bukan hanya menjual sesuatu, Pasar Seni juga telah menampilkan nilai-nilai dan budaya Malaysia yang beragam. Dengan banyaknya dijual benda kerajinan, barang antik dan berharga, pakaian khas, makanan khas, kesenian hingga pertunjukan tradisional. Dengan begitu turis yang niatnya cuma belanja jadi tau tentang budaya Malaysia. So Smart! 

Pintu masuk Pasar Seni, siap-siap kalap belanja yaa!
Handicrafts
Kerajinan tikar dari rotan
Untuk mencerminkan keberagaman culture penduduk Malaysia, terdapat tiga zona berbeda yang terdapat di dalam kompleks Central Market, yakni: Lorong Melayu, Lorong Cina dan Lorong India. Jadi misalnya kita masuk ke Lorong Cina, itu artinya kita akan melihat banyak produk khas chinese yang dijual dan dipajang, begitupun di kedua lorong lainnya. Zona lainnya terdapat Lorong Kelapa yang menjual berbagai macam makanan khas Malaysia dan Malacca Jonker Street yang memiliki desain bangunan unik tapi tetap digunakan sebagai kedai. Bikin saya jadi rindu ke Melaka lagi deh :))

Terdapat juga Central Market Artlane yang terdiri dari 10 studio yang menawarkan seni khas Malaysia yang diwarisi dari seniman legendarisnya. Seperti misalnya seni klasik dan kontemporer, karikatur dan potret. jadi meskipun gak mampu beli, ke area ini tetap menyenangkan karena dapat menikmatinya. Apalagi bagi kalian yang memiliki ketertarikan pada karya seni semacam ini.

Central Market Kuala Lumpur juga akan menyajikan pesona budaya Malaysia yang berwarna. Karena digelarnya berbagai arts performances and cultural festival seperti Chinese New Year, Hari Raya Lebaran, Deepavali dan masih banyak lagi. Kepengurusan Central Market diambil alih pengelolaannya oleh Kha Seng Group pada tahun 2004, lalu kemudian dilakukan berbagai perbaikan pada fasilitasnya. Jika jaman dahulu pasar ini adalah pasar basah (menjual ikan dan sayur) kini Central Market telah menjadi Pasar Seni yang berberan penting dalam mempromosikan nilai-nilai dan kebudayaan Malaysia ke mata dunia. 

Berbagai barang antik dan karya seni yang dijual
Berbagai kerajinan yang terbuat dari rotan
Jajanan, obat dan sabun unik pun ada :)
Yang disebut Lorong Cina
Lorong India, all about Hindi you can find here!
Mendengar tiga bahasa dan budaya sekaligus (Melayu, Hindi, Chinese) di Malaysia ini tentu udah nggak mengherankan lagi, tapi ketika melihat semuanya berdampingan secara harmonis tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi pasar ini bukan?! Saran saya sih, ketika berkunjung kesini harus ada 2 yang kalian siapkan, yakni adaptasi dan bawalah ringgitmu sebanyak-banyaknya kesini Macik-Pacik >,<

Ps: Photos taken by Olympus E-PM2

You Might Also Like

8 komentar

  1. Aaah...kebayang sama kalapnyaaaa liat barang2 lucu ituuuu...central market koleksinya seru abiiis ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat ma'cik, segala yang unik lengkap yah disini. Bikin pengen ngeborong Ehhehehehe

      Delete
  2. Tetiba sabun unik pun nampak seperti batu akik. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lok aku malah kirainnya itu agar-agar jelly loh. Hahahaaa

      Delete
  3. Central market merupakan tempat pertama yg gw kunjungi pertama di KL sekitar 19 tahun lalu kalo ngak salah dan setelah itu aku melupakan nya coz belanja awak tak suka hua hua

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mah anak mol, belanjanya harusnya di KWC Fashion Mall mas cum *promote

      Delete
  4. wah keren!, pengen banget kesana.. kemarin muter2 gak ketemu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati2 dompet jebol kak hihiii

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of

Putagram