#LiburanDiYogya : Jalan-Jalan Sore Di Kawasan Nol Kilometer Jogja

4/07/2015 06:02:00 PM

Kawasan Nol kilometer Kota Yogyakarta adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta. Kawasan ini berada di ujung selatan Jalan Malioboro, tepat banget kalau menikmatinya ketika sore-sore menjelang malam. Kebetulan kami berkunjung selepas melihat-lihat koleksi dari Museum Vredeburg yang memang berada di kawasan Titik Nol Kilometer.

Menyenangkan sekali JJS disini looh
Menjelang matahari terbenam di depan gerbang museum malah tambah ramai oleh para muda-mudi, ketika keluar jalan suasana menjadi lebih meriah karena banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapak di kanan-kiri trotoar. Eh kirain Malioboro aja yang rame.... Ternyata tumpah sampai ke jalan ini juga, tapi gak papa deh jadi bisa bebas jajan-jajan. Yang dijual nggak cuma camilan aja sih, namun juga aksesoris seperti dompet, sandal, gelang tangan sampai kaus-kaus couple yang harganya murah meriah, terus kami beli kaus couplenya dong. xixixixi 

Ini artinya apa yaaa?! *serius ndak paham*
Yah kan kalo pacaran mah dunia serasa milik berdua ;)))
Di sekitar kawasan nol kilometer ini terdapat banyak bangunan-bangunan sejarah kuno tua dan besar yang merupakan peninggalan dari pemerintahan Belanda. Kawasan nol kilometer juga menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta karena letaknya yang sangat strategis. Contonya seperti kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi dan selalu dipadati wisatawan. Kalau di Jakarta mungkin mirip-mirip Kota Tua dan Pasar Glodok. 

Pkl yang memenuhi kanan-kiri trotoar, cus belanja!
Patung tiga gajah
Hari menjelang malam, tapi saya dan Fahmi makin betah dan enggan untuk beranjak dari kawasan bersejarah ini. Di sini kami dapat melihat jelas kehidupan malam mahasiswa, pemuda-pemudi dan masyarakat kota Jogja, terlihat ada beberapa komunitas yang berkumpul sekedar untuk mencari inspirasi dan asik bercanda. Atau kalau kalian mau foto-foto dengan pocong dan kuntilanak juga ada loh disini, saya sih emoh -,-

Di Jogja juga ada gembok cinta loh
Ada patung tiga gajah yang ekornya saling terkait dengan warna yang mencolok dan dipenuhi coretan, sempat bingung apa maknanya. Terdapat sebuah prasasti kecil yang bertuliskan "Bertautan, Berkaitan, dan Saling Berhubungan". Ada pula keterangan lainnya yang bermakna bahwa masyarakat boleh mencoret-coret sebagai aksi menumpahkan kreasi. Oh panter banyak yang corat-coret....

Tepat di sebrang patung gajah saya baru engeh kalau terdapat bangunan berbentuk hati dari besi, yang ternyata bisa digantungin gembok-gembok cinta. Hihi lucu yah?! Ya pantes aja kalau banyak pasangan yang wara-wiri dan foto-foto disini, harusnya saya bawa banyak gembok sama spidol terus dijualin deh, demi cinta mereka yang kekal dan abadi pasti laku keras. Muehehehe

Ps: Berlibur di Yogyakarta akan lebih effisien jika menginap di hotel yang berlokasi strategis, nyaman, dan pelayanannya ramah seperti di Hotel Gallery Prawirotaman. Berlokasi di derah Prawirotaman, banyak tempat menarik, kuliner enak dan pusat perbelanjaan berada dekat dengan Hotel Gallery Prawirotaman. Untuk mendapatkan diskon tambahan, pemesanan kamar bisa dilakukan disini.

You Might Also Like

6 komentar

  1. itu pakai efek apa sih poto2nya?? kok lucu warna langitnya? setahuku kamu nggak pakai filter kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas beb yang foto kak, nggak pake filter kok.
      Langit JK sedang 'pamer' kecantikan aja itu, asik banget sampe betah :D

      Delete
  2. Cakep bener foto2nya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi makasih kak, tapi masih kalah sama foto-foto kalian <3

      Delete
  3. aah bagus amat fotonya..
    oiya, patung2 atau instalasi seni di titik nol itu sering diganti lho mbak jd ga cuma gitu terus.. ga tau sih berapa kali dlm setahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi makasih
      Ah ya?! Baru tauuuu >,<
      moga-moga bisa balik ketika ada yg baru, makasih infonya kak!

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of