#LiburanDiYogya : Habiskan Sore Di Tengah Kemegahan Istana Ratu Boko

3/04/2015 02:00:00 PM

Masih ditemani oleh Pak Parwoto, driver dari Gallery Prawirotaman Hotel yang menghantar saya dan Fahmi berkeliling kota Jogja. Kami diberi informasi bahwa Keraton/Istana Ratu Boko adalah tempat yang sangat damai dan indah untuk menikmati sore, karena letak istana ini berada diatas sebuah bukit yang sangat megah, pengunjung juga dapat memandang kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Well, karena nggak mau nyesel kamipun sepakat menjadikan Istana Ratu Boko ini tujuan sore hari pertama kami di Jogja.

Sore terbaik yang pernah saya lewati di Jogja
Dengan tiket masuk seharga Rp. 25.000/adults saya seakan tiada hentinya dibuat kagum akan kemegahan istana ini, Make me wanna say that I'am the Queen!! Sebelumnya istana ini bernama Abhayagiri Vihara yang artinya 'biara di bukit yang penuh kedamaian', konon didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual dimasa pemerintahan Rakai Panangkaran. Dan emang bener damaaaaaai banget :)

Ada juga yang menyebutnya sebagai Situs Ratu Boko karena terletak di atas perbukitan Boko dengan ketinggian 196 mdpl. Saking luasnya (250.000 m2) banyak anak-anak kecil yang lari-lari kegirangan, bisakah kalian membayangkan bahwa betapa megah dan luar biasanya istana ini ketika masih utuh dan berfungsi di masanya dahulu?! Kami sempat bertemu dengan warga asing yang terpesona dengan kemegahannya dan berkata "You have a great place, Waa hebat sekali ya?! Luaas!!" sambil mengacungkan jempol kanannya, and we were agreed ;')

Gapura utama yang akan menghantar kita pada kemegahan yang sesungguhnya
The Queen was ready to explore ;p
Jika diperhatikan lebih seksama, istana ini terlihat dibagi menjadi empat bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. dari sejarah yang saya baca, bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

Meski sore yang mendung tidak memberikan kami sunset yang sempurna, tapi Istana Ratu Boko tidak berhenti membuat batin saya terheran-heran. Ketika berada di sebuah-yang-kelihatannya-seperti panggung besar, jika melihat foto paling atas disana saya menginjak batu yang permukaannya sangat mulus dan sama datar, padahal yang saya injak adalah batu-batuan besar yang disatu-padukan seperti layaknya puzzle raksasa. Dan itu batu-batu yang gede banget loh?! (masih heran sampe sekarang)

Di bagian tenggara akan terlihat sebuah sumur yang cukup mencolok, konon sumur tersebut bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra, dipercaya air sumur itu dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya. Sedangkan orang-orang Hindu sendiri menggunakannya untuk Upacara Tawur agung sehari sebelum Nyepi. Nah kita dapat menyaksikan proses upacara tersebut jika berkunjung ke Candi Prambanan sehari sebelum Nyepi, so.... silahkan #LiburanDiYogya tanggal 21 Maret bulan ini ya!

Semoga segera berjodoh dengan sunsetnya, soon
Feel the majesty
Jika cerah akan terlihat Prambanan dan Merapi
Mendung aja cantik gimana kalau cerah ya?!
Sumur keramat
Salah satu tembok yang masih kokoh
Candi Pembakaran, luasnya 26 meter x 26 meter
Lumayan pegal mengelilingi istana secara keseluruhan
Bagian dari candi pembakaran

Letak Istana Ratu Boko tidak terlalu jauh dari Candi Ijo dan Candi Prambanan, bahkan ketika berada di Candi Prambanan akan banyak ditemukan paket wisata ke istana yang memiliki senja terindah ini. Semoga kunjungan selanjutnya kami bisa berjodoh dengan sunsetnya yang katanya luar biasa indah, dan nginepnya tetep di Gallery Prawirotaman Hotel dong, abis enak sih kemana-mana deket :D

Ps: Berlibur di Yogyakarta akan lebih effisien jika menginap di hotel yang berlokasi strategis, nyaman, dan pelayanannya ramah seperti di Hotel Gallery Prawirotaman. Berlokasi di derah Prawirotaman, banyak tempat menarik, kuliner enak dan pusat perbelanjaan berada dekat dengan Hotel Gallery Prawirotaman. Untuk mendapatkan diskon tambahan, pemesanan kamar bisa dilakukan disini.

You Might Also Like

6 komentar

  1. adem ya kalo habis hujan gini. Nih put, aku punya sunsetnya diblogku, cuakep hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu'um, jadi ada refleksinya gitu kalo foto dan dingin bangeet!!

      *Brb nyari virus traveling*

      Delete
  2. kdg liat candi2 ini, aku tuh pgn bisa balik ke masa lalu untuk melihat gimana org2 jaman dulu membangun candi...Sama mbaa...aku jg penasaran ngeliatnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, eh tapikan katanya ada yg dibuat sama Jin yaa, bukan manusia?! Hiiii sereuum -,--

      Delete
  3. Justru yang bikin keren ini karena abis hujan, keren banget suasananya bikin adem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh, emang kalo tempat bagus mah mau ujan ya tetep osooom ya kak ?!:D

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of