Itinerary Kul - Hatyai - Penang - Melaka Dalam 5 Hari

2/07/2015 02:45:00 PM

Sebenarnya perjalanan menjelajahi Kul-Hatyai-Penang-Melaka ini sudah banyak saya posting sebelumnya, tapi kali ini saya ingin menulisnya kembali dengan itinerary secara keseluruhan. Kepergian saya dan kedua teman ini sama sekali tidak memiliki bookingan homestay sebelumnya, semua kami lakukan secara go show dengan mengandalkan riset, insting dan doa. Mungkin saja itenerary ini bisa membantu atau bahkan mungkin membuat pembaca jadi ikut tertarik dan kepingin mencobanya. Monggo.....


Day 1 Tiba di Kuala Lumpur

Kami tiba di Kuala Lumpur sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat, yang kemudian langsung menuju KL Central karena darisanalah kami dapat mencapai tujuan-tujuan di Malaysia dengan mudah. Tujuan pertama adalah Masjid Jamek yang dapat dicapai menggunakan LRT atau Rapid KL, kemudian sambil menunggu waktu malam tiba kami sempat bermain-main cukup lama di Batu Caves. 

Batu caves, Malaysia
Kita semua tahu jelas bahwa transportasi publik Malaysia sangatlah mudah dan nyaman untuk digunakan, dengan rute dan petunjuk yang jelas tidak perlu takut untuk nyasar. Sekitar pukul 9 malam kami segera menuju Pudu Raya (Pudu Sentral), dimana di sanalah terdapat Bus besar yang dapat menghantar kami menuju Thailand paling selatan, Hatyai. Kami membeli tiket yang berangkat pukul 11 malam, karena perjalanan yang di tempuh hampir 10 jam lamanya, kami sengaja menggunakan waktu tersebut untuk tidur di dalam bus.

Day 2 Tiba di Hatyai

Sleeping Buddha, Hatyai 
Sekitar pukul 3 pagi Bus kami berhenti di perbatasan untuk pengecekan paspor dan barang bawaan penumpang, lalu pukul 7 pagi kami sudah tiba di perhentian terakhir yakni kota Hatyai. Fasilitas Bus dengan bangku besar yang bisa untuk tidur serta colokan, mini tv di setiap kursi membuat tidur kami bertiga cukup nyenyak. Segera kami mencari tempat menginap satu malam dengan mengkompare harga beberapa hostel, di pusat kota terdapat banyak sekali pilihan hostel bagi para backpacker. Jadi silakan memilih sesuai bajet yang kalian punya, kami sendiri mendapat harga 290 Bath (Rp. 101.500)/night dengan 2 tempat tidur besar, kipas angin dan kamar mandi.

Cable car, there is 360 degree panoramic view of Hat Yai City
Samila Beach
Meletakan barang bawaan, ibadah, mandi, baru kemudian kami kembali berangkat untuk menjelajah kota kecil Hatyai. Kalian bisa menyewa angkutan unik khas Thailand yang biasa disebut dengan Tuk-tuk untuk berkeliling kota, kapasitanya juga bisa sampai 6 orang atau lebih. Kami yang hanya bertiga akhirnya memutuskan untuk menyewa city tour disebuah travel dekat penginapan. Biaya setelah tawar-menawar menjadi 1.200 (Rp. 420.000) Bath untuk mendapatkan Guan Yin Temple, Golden Buddha, Cable Car, Royal Pagoda, Tang Kuan Hill Top, Slepping Buddha, Samila Beach dan Mermaid Statue, murah banget kan?! 

Tanpa diduga Hatyai begitu menarik ;)
Keesokan harinya kami sudah harus check-out karena jadwal Mobil Van menuju Penang berangkat pukul 9 pagi, yang tiketnya dapat dengan mudah didapat karena memang Hatyai ini kota yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Day 3 Tiba di Penang

Mobil Van yang kami tumpangi menurunkan kami di Terminal Bus Sungai Nibong, dimana dari terminal tersebut kita bisa menunggu bus sesuai tujuan yang jelas tertulis di iklan baris tiap armadanya. Tidak lagi perlu membeli tiket di loket karena bisa langsung membayarnya ke bapak driver. Kami turun di Komtar yang merupakan shooping area di kota Georgetown kemudian tersedia fasilitas Rapid Penang yaitu bus gratis yang digunakan keliling kota, tapi ternyata Georgetown sangatlah kecil jadi sangat bisa di eksplore hanya dengan berjalan kaki.

Masjid Kapitan Keling, Penang
Itenerary kami dihari keempat ini tidak digunakan untuk bermalam di Penang, karena memang hanya ingin mampir sebentar kami akhirnya hanya meminjam sebuah kamar ukuran kecil di sebuah homestay backpacker di Chulia Street. Mereka dengan berbaik hati mau meminjamkan 1 kamarnya yang hanya kami bayar dengan harga 20 MYR, tujuannya hanya untuk mandi, ibadah dan menitip barang-barang. Catatan perjalanannya secara lengkap ada disini.

Seperti perjalanan yang sebelumnya, malam hari kami gunakan untuk menuju Melaka yang tiketnya banyak dijual di travel agent sekitar Komtar. 

Day 4 Tiba di Melaka

Suasana malam ajaib di Melaka 
Dengan harga tiket 45 MYR dari Penang menuju Melaka memakan waktu tempuh hampir 6 jam lamanya. Kami tiba di Melaka Sentral tepat pukul 7 pagi kemudian menyambung dengan Bus Panorama seharga MYR 1,2 yang bisa langsung mengantar kami ke 'Red House' dimana terdapat World Heritage City dan River Cruise yang menjadi tujuan utama. Catatan perjalanannya ada disini.

Jangan samakan Penang dengan Melaka, karena di Melaka harga homestay berkisar60 MYR sampai 150 MYR/night, ditambah harus membayar iuran wajib untuk pemeliharaan kota sebesar 2 MYR. Melaka memang terhitung mahal namun dengan suasana dan atmosferenya yang sangat mudah untuk dirindukan menurut saya cukup worthed. Untuk kembali ke KL kami kembali menggunakan Bus Panorama untuk mengantar kami ke Melaka Sentral, darisana barulah kami lanjut dengan naik Bus langsung ke Kuala Lumpur selama 2 jam.

Day 5 Kembali ke Kuala Lumpur

Twin Towers
Sisa hari terakhir kami habiskan untuk membeli beberapa oleh-oleh di pasar Masjid Jamek, melihat juga berfoto di Twin Tower dan mengagumi kemegahan KLCC. Pilihan lainnya bisa dinikmati dengan naik bus gratis untuk berkeliling kota. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali itinerary ini dengan tiket pesawat kepulangan kalian, karena tiket kami sore jadi kami masih bisa bersantai-santai hingga bosan :)

ps: Foto sebagian besar diambil oleh travelmate saya @sarahhasbiy ;)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Halo kak, keren bgt field reportnya. Berguna bgt nih buat aku dan backpacker pemula lain yg cuma punya wktu 5d4n keliling 2 negara. Kalo boleh, mau tanya kak:
    1. Apakah ada bus malam dari malaka menuju kl? Kalo iya sebaiknya saya harus stand by jam brpa dan dmna spaya tidak ktgglan bus?
    2. Biaya city tour di hatyai itu per org atau sharing kak?
    3. Dari hatyai ke penang, apa ada bus sore/malam?
    5. Dari penang ke malaka, kk bergkat jam berpa? Soalnya saya ingin mnghitung estimasi wktu kesana.
    Mohon dijawab ya kak. Terima kasih banyak 😊

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of

Putagram