Menikmati Hatyai, Kota Perbatasan Yang Penuh Keunikan

10/02/2014 11:59:00 AM

Hatyai merupakan kota kecil di Thailand Selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia, di kota ini saya menemukan banyak objek wisata yang unik dan menarik dari tempat wisata pada umumnya. Untuk menuju Hatyai bisa di tempuh dengan kereta api atau bus dari Malaysia.
Salah satu objek wisata yang unik adalah Tang Kuan Hill Top yang merupakan sebuah taman kota namun berada diatas bukit, taman ini terletak tidak jauh dari Kantor Konsulat Republik Indonesia di Songkhla dimana terdapat sebuah Royal Pagoda.
Untuk menuju keatas bukit pengunjung dapat menggunakan fasilitas Cable Lift sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga extra. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yakni 30 bath atau sekitar 6.500 rupiah. Pengalaman mendaki bukit dengan lift secara vertical sungguh hal yang sangat unik buat saya.


Tidak hanya terdapat Royal Pagoda yang menjulang tinggi, dari Tang Kuan Hill Top juga terdapat dua pemandangan yang bisa kita pilih untuk dinikmati, yaitu City View atau Sea View. Ya! kota ini juga terletak tidak jauh dari bibir pantai sehingga pemandangan Samila Beach yang begitu cantik bisa terlihat dengan jelas, pemandangan kota yang tenang dan masih sangat asri juga tidak kalah membuat saya jatuh cinta pada kota kecil ini.


Sisi unik Hatyai saya temukan kembali saat mengunjungi tempat-tempat peribadatan umat Buddha yakni Guan Yin Temple dan Golden Buddha yang juga berada diatas bukit yang memiliki ketinggian berbeda. Dibukit pertama kita dapat melihat sebuah patung dewi Guan Yin yang menjulang tinggi dengan menaiki beberapa anak tangga. Patung tersebut dikelilingi lonceng-lonceng ukuran besar dan berpagar naga emas.


Di ketinggian bukit selanjutnya terdapat patung Golden Buddha yang tidak jauh berbeda dengan Guan Yin Temple yang di kunjungi beberapa warga maupun turis untuk beribadah atau sekedar mengabadikan dalam gambar. Saya semakin excited karena memang hal yang paling menarik di Golden Buddha ini yaitu terdapat fasilitas Cable Car yang dapat digunakan untuk menuju bukit tertinggi.


Dari dalam Cable Car seharga 200bath/adult ini kita bisa menikmati 360° pemandangan kota Hatyai secara keseluruhan dan itu amat sangat indah. Yang saya kagumi dari kota ini adalah keberadaan bukit-bukit dan banyaknya pepohonan rimbun, itu membuat suasana kota nyaman dan tenang.
Menurut saya pengelola kota Hatyai sudah begitu cerdik dalam menarik minat wisatawan asing, tidak hanya menyajikan keindahan alam, modernisasi, mereka juga dapat mengimbanginya dengan tekhnologi dan spiritualisme. Selamat mengunjungi Hatyai !;) 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Anonymous27.12.14

    wow, ternyata Hatyai keren yaaaa. Dulu kesana cuman numpang lewat doang sih, jadi gak tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih tenang daripada Bangkok, pokonya menyenangkan :)

      Delete
  2. Wah...membantu sekali karena saya ada rencana trip ke hatyai....

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

Member Of